Suasan penyampaian materi

Pekalongan, Hariansemarang.com – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, SMP Islam Albayan Wiradesa, Pekalongan, mengundang Tim Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah dalam Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Media Digital, Selasa (18/8/2020) yang akan berakhir Rabu (19/8/2020).

Kegiatan ini terlaksana di SMP Islam Albayan Wiradesa, Pekalongan, yang dihadiri pemateri Koordinator GLM LP Ma’arif PWNU Jateng Hamidulloh Ibda yang menyampaikan materi Pengantar Literasi dan Jurnalistik, Teknik Penulisan Berita, dan Teknik Penulisan Artikel Populer. Sedangkan pemateri kedua, konten kreator dan Youtuber Miftakhul Khoiri menyampaikan materi Literasi Media Digital, Medsos, Youtube, Teknik Desain, Pembuatan Meme, dan Teknik Pembuatan Video dan Konten Pembelajaran.

Dalam penjelasannyanya, Kepala SMP Islam Albayan Ziaul Khaq, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tersebut digelar dua hari. “Pertama, fokus pada literasi dan media massa, teknik penulisan berita dan artikel populer,” ujar dia.

Sedangkan yang kedua, lanjutnya, adalah penjelasan tentang literasi media digital, pembuatan konten Youtube, meme, dan pengembangan media pembelajaran digital sesuai perkembangan zaman saat ini. “Ini bagian dari implementasi program Gerakan Literasi Ma’arif yang menyasar sampai ke sekolah dan madrasah, baik praktik sinergi maupun praktik mandiri seperti ini,” kata dia.

Sesuai rencana, selain mengenalkan secara teoretis, pelatihan ini akan berorientasi pada produk yang menyasar pada siswa dan guru utamanya SMP Islam Albayan. “Bisa nanti berupa berita, artikel populer, video, meme, maupun media pembelajaran digital sesuai materi yang disampaikan materi,” tutup dia dalam kegiatan yang juga diikuti mahasiswa PPL dari IAIN Pekalongan tersebut. (HS44/Ibda).

Tinggalkan Komentar