Semarang, Hariansemarang.com – Merespon era pandemi covid-19, Tim Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Literasi part 2 via Webinar (Seminar Online) yang resmi dibuka Senin (15/6/2020). Sesuai rencana, kegiatan GLM ini dimulai Juni sampai Agustus 2020 mendatang.

Dalam kesempatan pertama itu menghadirkan pemateri, Juara 1 Lomba Esai Tingkat Nasional RMI PBNU 2017 Junaidi Abdul Munif dan Koordinator GLM LP Ma’arif PWNU Jateng Hamidulloh Ibda. Puluhan peserta Diklat Literasi GLM part 1 itu digelar dalam rangka meningkatkan kualitas guru dan pelajar Ma’arif se Jateng. Menurut catatan penyelenggara, peserta juga hadir dari berbagai kalangan, termasuk guru dan pelajar di luar Ma’arif bahkan dosen.

Dalam laporannya, Koordinator GLM LP Ma’arif PWNU Jateng Hamidulloh Ibda, mengatakan bahwa kegiatan Diklat Literasi tersebut digelar dengan dua model. “Pertama, model webinar yang bisa diikuti secara daring lewat Zoom dan Youtube Maarif NU Jateng. Kedua, lewat WhatsApp Group (WAG) yang lebih fokus pada peminatan sesuai time line yang sudah direncanakan,” ujar dia.

Dalam pemaparannya, Junaidi Abdul Munif menjelaskan banyak hal tentang dasar-dasar jurnalistik dan literasi. Sementara Hamidulloh Ibda, secara teknis memaparkan tentang teknik menulis dan mengirim berita yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

“Diklat Literasi GLM ini, akan dilakukan oleh tim via webinar dan WAG. Dulu, rencananya memang kita akan turun ke bawah atau turba untuk pelatihan di semua lini. Namun karena efek pandemi, maka kita merespon hal itu melalui kegiatan via daring,” kata Kaprodi PGMI STAINU Temanggung itu. Usai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab. (HS33/Ibda).

Tinggalkan Komentar