Temanggung, Hariansemarang.com – Melalui Hibah Dana Bantuan Pengabdian Diktis Kemenag RI, Tim Pengabdian Masyarakat STAINU Temanggung melaksanakan Program Penguatan Kelembagaan Guru TPQ di Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Program ini merupakan program peningkatan kualitas guru TPQ melalui pelatihan administrasi, managerial, dan pengisian data emis TPQ.

“Kegiatan ini merupakan awal yang baik unk memperbaiki administrasi dan managerial TPQ agar ke depan TPQ di Kecamatan Tembarak mempunyai kualitas yang baik”, ujar Kepala KUA Kecamatan Tembarak dalam sambutannya, Ahad (5/8/2019).

Selain itu, Dr. Muh Baehaqi Ketua STAINU sekaligus Ketua Tim Pengabdian, menambahkan bahwa sebagai guru TPQ harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Dalam pengisian emis misalnya, sebuah TPQ harus sdh mempunyai email TPQ. Belum lagi ketika memasukkan data, guru TPQ jg hrs mampu menguasai IT guna menghadapi zaman yang serba modern.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 3-4 Agustus 2019 di Balai Desa Tawangsari Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung dan diikuti oleh 150 guru TPQ yang tergabung dalam Badko TPQ Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Data yang masuk di data emis PD Pontren Kemenag Kabupaten Temanggung, jumlah TPQ yang sdh terdaftat di sana sebanyak 55 TPQ.

Pada hari pertama, materi disampaikan oleh Ibu Luluk Ifadah, M.S.I., Kabid. Humas Badko TPQ Kabupaten Temanggung. Materi yang disampaikan tentang tertib administrasi dan managerial TPQ.

Adapun hari berikutnya, materi tentang data emis dilanjutkan dengan pengisian data emis TPQ di tempat. Materi tersebut dipimpin langsung oleh Akrom Ahsani, S.Sy., M.Pd. dan Rondhiyah, S.Pd., Seksi PD Pontren Kemenag Kabupaten Temanggung.

Ketua Badko TPQ Kecamatan Tembarak, Wawan Setiadi, S.Pd., menyambut baik kegiatan ini. “Harapan ke depan, kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Tapi semoga ada follow up dari kegiatan ini agar TPQ di Kecamatan Tembarak semakin baik kualitasnya” imbuhnya. (HS77/Eko).

Tinggalkan Komentar