Hariansemarang.com – Wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memang sangat melimpah. Ada wisata edukasi, sejarah, religi, belanja, wisata alam dan lainnya. Sebut saja Menara Kudus, Menara Pisang, Wisata Colo, Air Tenjul Montel, Gray Canyon, Air Terjun Kali Banteng, Air Terjun Gonggomino Colo, Air Terjun Kedung Gender, Museum Kretek, Waterboom Mulia dan yang lainnya.

Bagi Mimi, pegiat fotografi dan wisata di Kudus, mengakui bahwa destinasi wisata di Kudus sangat melimpah dan cocok untuk hunting. “Dari sekian daerah di Jawa Tengah, banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi salah satunya Kudus. Itu karena Kudus sangat identik dengan kota religi dan kota kretek, kudus juga memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan lainnya,” kata Mimi, Sabtu (3/8/2019).

Wisata kudus yang menarik menurut Mimi ada banyak. Pertama, Menara Kudus. “Masjid Menara Kudus ini berada di Kelurahan Kauman Kudus. Masjid ini memiliki tampilan yang berbda dengan masjid lainnya, itu karena terdapat menara yang berdiri di sebelah masjid dengan bentuk menyerupai candi dengan konstruksi susunan batu bata yang tertata rapi, menara ini mmiliki tinggi sekitar 18 meter dengan hiasan piring-piring bergambar di sekelilingnya. Selain untuk berziarah dan wisata religi bisa juga dijdikan salah satu spot foto unik,” jelas pemilik nama asli Fahmi tersebut.

Kedua, Musium Kretek. Museum ini merupakan objek wisata sejarah dan edukasi di Kuudus yang berlokasi di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus. “Sesuai namanya museum Kretek identik dengan rokok, museum ini memiliki koleksi berbagai macam peralatan untuk mmbuat rokok pada zaman dulu,” kata dia kepada Hariansemarang.com.

Ketiga, Desa Rahtawu. “Desa wisata Rahtawu ini berlokasi di lereng Gunung Muria, tepatnya berada di Kecamatan Gebog Kudus. Di desa ini pemandangannya sangat indah dengan udara yang sejuk. Di desa tersebut juga terdapat sungai jernih berhiaskan bebatuan yang indah. Selain menyuguhkan pemandangan alam pegunungan yang menarik, di kawasan tersebut juga terdapat bangunan-bangunan pertapaan yang bisa dijelajahi,” kata Mimi.

Keempat, Wisata Ternadi. Wisata t
Ternadi menyuguhkan pemandangan pegunungan yg msh sngt asri, suhu udaranya sangat sejuk. Wisata ini berlokasi di Desa Ternadi, Dawe, Kudus. “Salah satu daya tarik dari wisata ini adalah gardu pandang yang sangat unik dan sangat cocok untuk spot fotografi,” lanjut dia.

Kelima, Wisata Kajar. Tempat wisata satu ini adalah kawasan hutan pinus dengan pemandangan alam yang serba hijau. “Tempt ini berlokasi di Jalan Raya Kudus-Colo Kajar Dawe,” kata Mimi.

Keenam, Air Terjun Kali Banteng. “Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter demnga kedalaman kurang dari 1 meter. Arusnya pun tak begitu deras, sehingga anak-anak bisa ikut bermain, tempat ini berlokasi di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog,” imbuh Mimi.

Ketujuh, Taman Lampion Kudus. Tempat wisata ini merupaksm tempat yang cantik sebagai wisata malam hari. Taman lampion terletak di Jalan Gor Nomor 103 Kelurahan Wergu Wetan Kudus. Ada berbagai bentuk lampion di taman ini dari lampion tanaman hingga lampion karakter, taman ini bisa menjaid spot foto sangat menarik,” tutur dia.

Kedelapan, Menara Pisang. Lokasinya berada di kawasan wisata outbound dan perkemahan taman sardi. Menara pisang berada di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus. “Menara pisang ini menjadi spot yang cocok untuk berfoto, taman ini memiliki panorama pemandangan yang indah,” beber dia.

Mimi mengajak, khususnga kepada anak-anak muda milenial untuk memajukan wisata Kudus. Khususnya juga, mereka diajak untuk mempromosikannya melalui dunia fotografi. (HS89).

Tinggalkan Komentar