Semarang, Hariansemarang.com  – Hidup di Indonesia ini, menjaga dan merawat Kebhinekaan adalah hal mutlak yang dibutuhkan bangsa ini untuk menjaga persatuan dalam keberagaman. Ini adalah salah satu isi dari buku karya Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono yang bertajuk “Memimpin dalam Keberagaman, Kearifan Lokal Menjaga NKRI” yang dilaunching dan dibedah di Hotel Patra Jasa Semarang, Senin (18/12/2017).

Buah pemikiran Jenderal bintang dua ini memuat pesan tentang pentingnya pemimpin dalam menjaga Kebhinekaan dalam sebuah kesatuan wilayah yang memiliki keberagaman Etnis, suku, agama dan ras seperti di wilayah Jawa Tengah.

Di tengah munculnya tantangan Kebhinekaan yang ada di Indonesia, semboyan bhineka tunggal ika yang kini sedang diuji. Berbagai kasus intoleransi terjadi di Nusantara, begitu juga yang pernah terjadi di Jawa Tengah, menginspirasikan Irjen Pol Condro Kirono untuk berbagi pengalamannya dalam tugas pemimpin dalam merajut persatuan dan kesatuan di masyarakat di Jawa Tengah yang ditulis dalam sebuah buku yang penuh inspiratif .

Acara bedah buku, “Memimpin dalam Keberagaman, Kearifan Lokal Menjaga NKRI” yang digelar pada hari Senin, 18 Desember 2017 di gedung rama shinta Hotel Patra Jasa, Semarang dihadiri juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Alissa Wahid putri dari Presiden Gus Dur yang mewakili Jaringan Gusdurian Indonesia yang konsen terhadap Kebhinekaan, dan kedua tokoh ini juga sekaligus menjadi narasumber acara bedah buku ini.

Irjen Pol Condro Kirono membagikan kisah inspiratifnya bagaimana mengelola konflik social yang terjadi di tengah masyarakat dengan cara yang humanis dan mengelola keberagaman dengan cara yang tepat. “Beragam tantangan keberagaman di Jawa Tengah haruslah dihadapi bersama, dan bukan hanya polisi semata, merangkul masyarakat dan bersama-sama menjaga persatuan dan saling toleransi,” kata Irjen Pol Condro dalam acara bedah bukunya yang diikuti oleh 200 peserta dari Kelompok umat beragama, Kepolisian,masyarakat, wartawan dan mahasiswa.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono juga berharap agar bukunya ini bisa bermanfaat untuk semua anggota Polri, agar bisa bersama sama menjaga kebhinekaan, memimpin dalam keberagaman, sehingga bisa menekan konflik sosial, dan mengurangi kasus intoleransi yang kerap terjadi di negeri ini, dan mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Terakhir, Irjen Pol Condro Kirono berpesan kepada semua anggota Polri, bekerja lah dengan hati nurani.

Ganjar Pranowo dan Alissa Wahid juga mengapresiasi kehadiran buku menarik itu. Sebab, saat kondisi Indonesia sedang banyak masalah kebhinekaan dan gangguan keamanan nasional, buku semacam itu sangat penting untuk mencerahkan masyarakat agar tetap damai dan bersatu dalam NKRI. (red-HS33/hms).

Tinggalkan Komentar