Kendal, Harianjateng.com- KKN UNNES dan IPNU IPPNU Desa Ngerjo lakukan bersih-bersih diareal makam Desa Ngerjo Kecamatan Riginarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu (12/11/2017).

Mereka membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar makam, agar makam terlihat bersih dan nyaman pada saat nanti keluarga yang masih hidup akan pengunjungi makam tersebut.

“Kegiatan ini kami lakukan atas inisiatif kita bersama, bersama-sama dengan Pemuda IPNU IPPNU Desa Ngerjo kami melakukan bersih-bersih, baik membersihkan rumput maupun tumpukan daun kayu jati yang menutupi makam,” ujar Bagus Restu Wibowo ketua kelompok KKN UNNES Desa Ngerjo

Bagus Restu Wibowo juga nebambahkan, “selain bersih-bersih di sekitaran makam, kami juga menggelar doa bersama, bertujuan untuk mendoakan para leluhur yang dulu berjuang mbubak desa, agar menambah iman, islam dan ikhsan kita, dengan harapan kita dalam menjalani hidup akan tetap berpegang teguh dengan agama, sehingga kita semua dapat menjaga diri kita dari tindakan hal-hal yang tercela.”

Riska Lailatul Amaliah IPPNU Desa Ngerjo, usai kegitan itu juga mengatakan bahwa bersih itu adalah sebagian dari iman. “Bersih-bersih ini merupakan hal yang baik, kalau dari agama islam sendiri kan mengatakan kebersihan sebagian dari iman, maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dimana pun kita berada, termasuk salah satunya ya di makam ini,” ucapnya.

Acara itu dimulai dari jam 06 : 00 hinga selesai jam 09 : 00, usai acara mereka bergerombol duduk bersama sambil mencicipi jajanan yang sudah siapkan.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here