Malang, Hariansemarang.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang mengukuh Prof. DR. (H.C.) KH. Ma’ruf Amin sebagai guru besar di bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah, Rabu (24/5/2017).

Dalam rilis yang dikeluarkan pihak kampus, KH Ma’ruf Amin yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu adalah sosok yang memiliki keilmuan, komitmen, dan dedikasi tinggi untuk mengabdikan dirinya sebagai tokoh yang secara konsisten berjuang memberikan pencerahan sebagai ulama.

Dalam pengukuhan yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo itu, KH Ma’ruf Amin akan membawakan orasi ilmiah berjudul “Solusi Hukum Islam (Makharij Fiqhiyah) sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia (Kontribusi Fatwa DSN-MUI dalam Peraturan Perundang-undangan RI).

Pelaksana Tugas Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Mudjia Rahardjo, mengatakan universitas menilai KH Ma’ruf Amin memiliki ilmu, komitmen dan dedikasi tinggi serta konsisten memberikan pencerahan sebagai ulama. 

KH Ma’ruf Amin, ia melanjutkan, juga merupakan sosok yang memiliki kedalaman spritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

“Beliau merupakan tokoh penting, ulama kontemporer, yang berperan dan berkarya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya. 

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan atas kiprah Beliau selama ini, ” kata dia, sebagaimana dilansir antara.

UIN Maliki Malang sudah beberapa kali memberikan penghormatan dan apresiasi kepada para ulama dan cendekiawan, baik dari luar maupun dalam negeri, seperti Grand Syeikh Al-Azhar Mesir, kemudian Gus Shalahuddin Wahid selaku pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Suryadharma Ali mantan Menteri Agama dan Sarundayeng yang merupakan Gubernur Sulawesi Tenggara.

KH Ma’ruf Amin tercatat telah memimpin MUI sejak 2015 menggantikan Din Syamsuddin sebagai Ketua Umum MUI. Ia juga merupakan ulama fikih yang disegani. Sebelum menjabat sebagai ketua, ia pernah menjadi Ketua Komisi Fatwa yang bertanggung jawab soal penerbitan fatwa MUI. (Red-HS)

Tinggalkan Komentar