Hariansemarang.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi wajah baru Masjid Raya Baiturrahman di Provinsi Aceh yang telah dilengkapi 12 payung elektrik menyerupai gaya Masjid Nabawi di Madinah.

“Masjidnya menjadi Masjid Raya Baiturrahman di Serambi Mekkah dengan gaya Madinah. Jadi lengkaplah semuanya,” kata Wapres Jusuf Kalla saat meresmikan lanskap baru Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Sabtu kemarin (13/5/2017), seperti dilansir Antara.

Sebagai Wakil Presiden dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, ia menyampaikan rasa bahagia dan penghargaan atas segala upaya semua memajukan keagamaan di Aceh dan juga peningkatan rasa kecintaan kepada masjid.

“Tentu barulah menjadi lengkap apabila kemakmuran masjid ini sejalan dengan keindahannya. Kemakmuran masjid bermakna bahwa masjid ramai dipakai untuk ibadah sekaligus juga masjid bermanfaat bagi masyarakat ” tambah Jusuf Kalla.

Sebagaimana diketahui Masjid raya Baiturrahman yang kini mirip masjid nabawi madinah dahulu adalah masjid kasultanan aceh yang dibangun oleh sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal di India ini terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.

Sewaktu Kerajaan Belanda menyerang Kesultanan Aceh dalam peristiwa agresi tentara Belanda kedua pada Bulan Shafar 1290 Hijriah/10 April 1873 Masehi, Masjid Raya Baiturrahman dibakar. Kemudian, pada tahun 1877 Belanda membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman untuk menarik perhatian serta meredam kemarahan Bangsa Aceh. Pada saat itu Kesultanan Aceh masih berada di bawah pemerintahan Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat yang merupakan Sultan Aceh yang terakhir.

Bagi masyarakat Aceh, Masjid Raya Baiturrahman tak sekedar rumah ibadah. Masjid yang terletak di jantung Kota Banda Aceh ini telah melewati pembabakan sejarah yang panjang sebelum seperti sekarang.

Jika anda ke Banda Aceh sekarang, maka anda akan mendapati wajah baru Masjid Raya Baiturrahman Aceh tersebut. Salah satunya, anda akan menjumpai payung-payung elektrik layaknya di pelataran masjid Nabawi Madinah di Arab Saudi. Payung-payung tersebut menaungi lantai marmar menggantikan hamparan rumput hijau yang dulunya membalut sekeliling pekarangan.

12 unit payung payung elekterik dengan kolam persegi panjang sebagai taman di tengahnya menyulap Masjid Raya Baiturrahman.(Red-HS)

Tinggalkan Komentar