Semarang, Hariansemarang.com- Penglepasan wisudawan Fakultas Bahasa dan Budaya (FBB) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang periode 1 / April 2017, Sabtu (29/04/2017) digelar di Hotel Grasia Semarang.

Hadir dalam acara itu, Ketua YPP Untag Semarang Prof. Dr. Sarsintorini, Rektor Untag Semarang DR. Drs. H. Suparno, M.Si, Wakil Rektor satu, dua, tiga, empat Untag Semarang, Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Drs.Yosep Bambang Margono Slamet, M.A., M.Si., Ph.D, wakil dekan satu, dua, tiga, empat Fakultas bahasa dan budaya, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng Susanto, para calon wisudawan FBB Untag Semarang, serta para orang tua atau wali.

Acara dimulai dengan membaca doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta dimeriahkan adanya pertunjukkan kebudayaan dengan menampilkan tari tradisional Jawa Tengah untuk menghibur seluruh peserta dan tamu undangan.

Sambutan Rektor Untag Semarang DR. Drs. H. Suparno, M.Si

Dalam sambutannya Rektor Untag Semarang H. Suparno menyampaikan, “wisuda ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Untag Semarang kepada bangsa dan negara Indonesia dan sekaligus merupakan wujud karya Untag sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang profesional, tangguh, berjiwa nasionalis dan berakhlak mulia. Dalam penyelenggaraan pendidikan, Untag senantiasa terus menerus melakukan upaya perbaikan dan pengembangan untuk mewujudkan visi Untag, yaitu terwujudnya Untag Semarang maju, bermartabat, berdaya saing dan berlandasan nasionalisme pada tahun 2020.”

Upaya yang telah dilakukan adalah pembenahan dan penguatan pada aspek tata kelola perguruan tinggi yang transparan dan akuntabel, meningkatkan prefesioanalitas, kompetensi serta kesejahteraan dosen dan tenaga pendidikan, meningkatkan sarana prasarana, meningkatkan kerjasama mengoptimalkan atmosfer akademik menuju masyarakat ilmiah serta peningkatan kegiatan kemahasiswaan.

“Bagi wisudawan nantinya dalam berkiprah di masyarakat selalu menjunjung tinggi etika dan moral memegang teguh nilai-nilai kejujuran kebenaran dan keadilan. Sebagai pencerminan dari keluhuran budi, kejujuran, kebenaran dan keadilan apabila dikolaborasikan dengan kemampuan ilmu pengetahuan, serta semangat pengabdian, insya Allah akan menjadi amunisi yang besar untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi. Dan kami mendoakan para wisudawan kedepan akan lebih sukses lagi, bukan hanya di dunia tapi juga mendapatkan kebahagaian di akhirat kelak, karena telah memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” harap H. Suparno.

Sambutan Dekan Fakultas bahasa dan budaya Drs.Yosep Bambang Margono Slamet, M.A., M.Si., Ph.D,

Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Yosep Bambang Margono Slamet menyampaikan, “lulus menjadi sarjana bukan akhir dari belajar karena belajar tidak mengenal usia, tempat dan waktu. Secara formal anda semua memang selesai belajar di tingkat S1. Namun demikian, justru sekaranglah saatnya anda semua belajar tentang kehidupan sebagai orang dewasa, bagaimana belajar hidup dengan orang lain, di manapun anda berada harus bisa menghidupi diri sendiri dan nantinya harus bisa menghidupi orang lain. Untuk itu, pesan saya adalah jangan pernah melupakan apa yang telah anda pelajari di Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang. Kami para dosen tidak hanya mengajar tetapi mendidik anda menjadi manusia yang berpengetahuan, memiliki keterampilan berbahasa Ingris dan untuk menghargai manusia dan kemanusiaan. Kita adalah makhluk berbudaya, dalam arti kita harus tetap mengedepankan nilai-nilai budaya dan nilai-nilai kemanusiaan. Apa yang sudah kami berikan di Fakultas Bahasa dan Budaya terus dikembangkan, baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat luas.”

Pada acara penglepasan tersebut ada 21 calon wisudawan, yang diantaranya dari S1 yaitu 16 orang terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki-laki dan dari D3 yaitu 5 orang yang terdiri dari 2 perempuan dan 3 laki-laki.

Kristin Marwinda calon wisudawan yang mendapat nilai terbaik Fakultas Bahasa dan Budaya

Kristin Marwinda salah satu calon wisudawan yang mendapatkan nilai Cum Laude IPK 3, 85  akan diwisuda pada tanggal 3 Mei 2017 mendatang, mengucapkan terima kasih kepada Dekan FBB dan para Dosen atas segala jasanya dalam mendidik dan memberikan banyak pengetahuan selama proses perkuliahan. “Saya berterima kasih banyak kepada seluruh dosen pengajar khusunya kepada Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang yang selama ini telah membimbing kami selama 4 tahun sudah. Kami menyadari banyak ilmu yang sudah kami dapatkan dari sini, tidak hanya dibidang akademik saja tetapi juga kami mendapatkan ilmu sosial dari berbagai kegiatan yang diadakan FBB. Kami berjanji akan selalu mengingat pesan dari Bapak Rektor dan Bapak Dekan akan mengamalkan ilmu yang sudah saya dapatkan agar bisa bermanfaat, baik untuk saya pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta,” tuturnya.

Foto Rektor Untag Semarang DR. Drs. H. Suparno, M.Si dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng Susanto

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara BNNP Jateng dengan Untag Semarang.

Red- HS99/Heri

Tinggalkan Komentar