Semarang, hariansemarang.com – Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jateng pada 2018 sebesar Rp1,131 triliun ke pemerintah provinsi setempat.

“Kami sudah mengajukan anggaran Pilgub Jateng sebesar Rp1,131 triliun, tapi saat ini baru tersedia Rp800 miliar,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa anggaran sebesar itu hanya untuk jajaran KPU Jateng, dan di luar anggaran pengawasan serta pengamanan pelaksanaan Pilgub Jateng.

Ia menjelaskan, sumber dana anggaran Pilgub Jateng 2018 berasal dari APBD Pemprov Jateng.

Manurut joko, anggaran itu sudah disediakan sejak penganggaran 2015 dan hingga 2017 sudah tersedia Rp800 miliar.

“Kekurangan anggarannya nanti diambilkan di APBD Perubahan 2017, dan kalau masih kurang lagi akan digenapi pada APBD 2018,” ujarnya.

Dia mendetilkan anggaran Pilgub Jateng itu antara lain, untuk komponen honor badan penyelenggara sebesar Rp564 miliar, pengadaan dan distribusi logistik Rp244 miliar, kegiatan kampanye atau fasilitasi pasangan calon, baik alat perlengkapan kampanye (APK) atau materi lain sebesar Rp130 miliar.

Jajaran KPU Jateng mulai mempersiapkan Pilgub Jateng meskipun perhelatan pesta demokrasi itu akan dilaksanakan Agustus 2017.

Persiapan yang dilakukan mulai dari pengusulan anggaran, rancangan jumlah TPS, maupun memperkirakan jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. (Red-HS)

Tinggalkan Komentar