Semarang, Harianjateng.com – Berbagai kebutuhan alat rumah tangga seperti panci, dandang, kompor, wajan, dan lain-lain sering kali mengalami kerusakan, yang sering terjadi berada pada bagian dasar untuk jenis panci, dandang, dan wajan. Salah serang produksi kebutuhan alat rumah tangga, Ibu Mulyadi (46), yang berlokasi di kawasan Barito No 152 Seamarang, Jawa Tengah, selain menerima servis alat-alat yang rusak, tokonya juga memproduksi langsung alat-alat tersebut pada Kamis (09/03/2017). “Sebagai produksi langsung kebutuhan alat-alat rumah tangga, saya juga menerima servis keruskan alat tersebut” katanya.

 

Para konsumen yang berdatangan, selain membeli barang baru juga memperbaiki barang yang sudah rusak. Kebanyakan barang yang mengalami kerusakan jinis ukuranya lebih besar, jikalau kerusakanya parah diganti dengan alumunium yang sesuai dengan barang yang rusak. Menurut, Ibu Mulyadi, harga servis barang-barang yang rusak mulai dari Rp. 60.000 hingga mencapai Rp. 125.000, tergantung tingkat kerusakannya.

 

“Kalau untuk servis barang para konsumen, kita menyesuaikan tingkat kerusakannya. Barang-barang mereka, kebanyakan panci, dandang, wajan, yang besar-besar. Jadi kisaran Rp. 60.000 hingga mencapai Rp. 125.000. Melihat juga kondisi kerusakan barangnya,” Katanya.

 

Toko Baru Muncul milik Ibu Mulyadi berdiri sejak tahun 1970 memproduksi barang-barang rumah tangga dengan berbagai jenis, selain itu ia juga memproduksi alat-alat seperti mesin penyulingan, kompor, Open Loyang, dan lain-lain. Kebanyakan dari barang-barang yang diproduksi beberapa kali di ekspor ke beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Salatiga, Boyolali, bahkan hingga ke luar Jawa Seperti Kalimantan. “Barang-barang yang kami produksi sebagain juga kami ekspor ke beberapa daerah di Jawa Tengah. Kadang-kadang kami juga mengrim Sampai ke Kalimantan, karena konsumen kami Diana juga cukup banyak,” katanya.

 

Selain itu, karyawan  Bu Mulyadi, Mulyono (56) yang bekerja hampir 10 tahun menjelaskan produksi barang-barang yang ia buat berbahan dasar alumunium didatangkan langsung dari Jakarta. ia mengaku kerap kali menerima servis barang kebutuhan rumah tangga yang mengalami kerusakan. “Sering sekali para konsumen itu datang, minta diperbaiki barangnya yang rusak, yang paling sering itu panci dan dandang berukuran besar. Mereka beranggapan, keruskan seperti bolong, penyok, sayang kalau dibuang, lebih baik diperbaiki,” ungkapnya.

 

Toko Baru Muncul yang dipegang oleh Ibu Mulyadi merupakan warisan turun-temurun dari kakeknya. Saat ini ia memegang langsung nama toko Baru Muncul yang memproduksi dan servis alat-alat kebutuhan rumah tangga. Sampai saat ini toko tersebut sudah memiliki enam cabang ruko di kawasan Semarang. (Red-HS99/Ovan).

Tinggalkan Komentar