Grobogan, Hariansemarang.com – Sebuah perguruan tinggi wajib mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi. Guna memenuhi kewajiban tersebut, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melaksanakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat dengan mengelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.
KKN Udinus 2017 dilaksanakan berurutan dengan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) kemudian pembukaan apel KKN di kantor Camat Gubug, Ju’mat (03/03/2017). KKN berlangsung selama 3 hari hingga (05/03/2017) yang dilaksanakan di 5 desa.

 

Kelima desa tersebut adalah Tambakan, Ringin Kidul, Ringin Harjo, Tlogo Mulyo dan desa Jati Pecaron. “Kebutuhan tiap desa berbeda-beda, tindakan yang kami berikan juga berbeda-beda sesuai yang dibutuhkan. Kami sudah meniliknya terlebih dahulu sebelum KKN dilaksanakan” ujar Rindra Yusianto kepala Biro Kemahasiswaan.
Ahmad Basuki Mulyono, S.Sos., MM Camat Gubug Kabupaten Grobogan antusias menyambut kedatangan peserta KKN sebanyak 106 mahasiswa tersebut. “Harapan saya  nantinya akan ada sharing dan komunikasi lanjutan dari mahasiswa dengan masyarakat guna meningkatkan perataan lingkungan dan kesehatan” ujar Camat Gubug dalam sambutan Apel.

 

Peserta yang terdiri atas aktivis dan penerima bidik misi ini akan memberikan sumbangsih nyata untuk masing-masing desa. Program pilihan yang dijalankan disana meliputi pemasangan tong sampah, pelatihan IT dan website, kegiatan PKK, pelatihan blogging, penanaman apotik hidup, penyuluhan gosok gigi, kegiatan TPQ, penanaman pohon, pembuatan sarana MCK, dan penyebaran benih ikan lele. Dijelaskannya, saat ini beberapa desa di Grobogan sudah menggunakan Simkeudes Pro dalam pembuatan laporan keuangannya. Kelima desa tersebut sudah terkoneksi jaringan wifi.

 

“Dengan pelatihan website dari Udinus yang memiliki latar belakang IT kuat, diharapkan bisa saling terkoneksi lebih baik lagi ke depannya,” tambah camat yang baru dilantik 2 minggu lalu ini.

 

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Kusni Ingsih, MM mengatakan jika KKN ini merupakan wadah pengembangan softskill untuk mahasiswa Udinus. “Jadi KKN ini adalah praktik lapangan secara langsung yang merupakan bentuk lanjutan dari LKMM-TM sehari sebelumnya” jelasnya.

 

Pembukaan Apel ditutup dengan simbolis penyerahan bibit Glodokan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa kepada Camat Gubug Ahmad Basuki Mulyono. Glodokan dipilih karena tanaman tersebut merupakan salah satu tanaman penyerap polusi.(Red-HS99/Hms).

Tinggalkan Komentar