Suasana peninjauan di saluran Gondang, Paguyangan, Brebes.

Brebes, Harian Jateng – Subagyo,SP Dinas Pertanian kecamatan Paguyangan meninjau lokasi rehabilitasi saluran Gondang Desa Paguyangan, Kabupaten Brebes. Pelaksanaan Rehabilitasi Saluran Gondang tersebut ditargetkan dalam pengerjaannya ± 1 bulan.

Pelaksaanaan pekerjaan dimulai sejak tanggal 1 September 2015, dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut Tim P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) mengalami kendala terutama dalam hal angkut material dimana material tersebut di harus diangkut ± 500 m dari lokasi pengerjaan dengan panjang saluran  ±300 m.

Dengan anggaran minim P3A juga meminta swadaya didalam pembangunan saluran khususnya untuk para pemilik sawah yang terkena saluran” Ujar”Haji Mustofa. Wakil Ketua P3A Tirta MulyaDesa Paguyangan,Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaan pekerjaanya Tim P3A merekrut tenaga dari dukuh Kedungbanteng Desa   Paguyangan sejumlah 13 orang yang terdiri dari 3 Tukang dan 6 Asisten Tukang dan 7 untuk tenaga angkut material (Pasir, Semen maupun batu belah).

“Dalam pelaksanaan tersebut diperkirakan akan selesai sekitar dua minggu kedepan dan selama masa pengerjaan selain kendala angkut material  namun juga terpotong oleh hari Jum’at dan hari raya Idul Adha berdasarkan kesepakatan dengan pekerja bahwa untuk hari Jum’at mereka minta untuk libur,“ tambah H Mustofa, Selasa (22/09/2015).

Subagyo,SP menegaskan agar P3A Tirta Mulya benar benar memaksimalkan pekerjaannya karena petani sendirilah yang akan merasakan hasil dari pembangunan saluran tersebut sehingga mampu memaksimalkan produksi pertaniannya.

“Memaksimalkan baik pekerjaan secara fisik bangunan maupun pelaksanaan pengerjaan, sehingga nantinya P3A Tirta Mulya kedepannya akan mendapatkan bantuan anggaran sesuai dengan program kerja yang sudah direncanakan oleh P3A Tirta Mulya selain itu juga P3A Tirta Mulya agar sesegera mungkin untuk mendaftarkan badan hukumnya di Kemenhum,” tambah Bagyo.

“Berdasarkan hitungan matematis bahwa pekerjaan ini tergolong cepat pasalnya kepotong hari Jumat dan Idul Adha selain itu juga dengan jarak angkut material yang terlalu jauh,“ ungkap Suryanto tukang. (Red-HJ33/Yusfi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here