Semangka milik Yanto yang dijual sampai malam hari

Semarang, Harian Jateng – Harga buah semangka di Kota Semarang, Jawa Tengah, saat ini mencapai Rp 10.000 perkilonya. “Yang tanpa biji yang paling bagus ya Rp 10.000,” ujar Yanto penjual semangka di Jalan Menoreh Raya, Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Jumat malam (18/9/2015).

Baca juga: Mulia, Pedagang Buah Ini Sedekahkan Satu Gerobak Buah untuk Jamaah Salat Jumat, Ini Beritanya.

Menurut dia, yang biasa dijual kepada warga setempat adalah yang harga Rp 8000 khusus untuk buah semangka tanpa biji, baik semangka jenis kuning maupun jenis merah.

“Kalau yang ada isinya Rp 6000 sampai Rp 7000,” beber dia kepada Harian Jateng di sela-sela jualan sekitar pukul 20.56 WIB tersebut.

Menurut dia, kalau saat musim kemarau, harga semangka hanya sekitar Rp 5000 saja perkilogramnya. “Ya biasanya juga ada yang sampai Rp 6000 dan Rp 7000,” ungkap dia.

Stok semangka yang Ia dapatkan pun didapat dari Kendal, Demak dan Kudus. Sementara untuk daerah lain, pihaknya belum berani menyetok saat susah seperti ini.

Mahalnya harga semangka, menurut Yanto adalah karena musim kemarau yang panjang ini. “Ya buahnya langka, harganya ya mahal,” ujar dia.

Itu kan sudah hukum ekonomi, lanjut dia, wong saya jualan juga sudah lama dan berganti-ganti musim, baik saat hujan maupun kemarau. (Red-HJ44/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here