Suasana penyembelihan hewan qurban

Semarang, Harian Jateng – Lebaran Idul Adha 2015 sudah di depan mata. Bagi Anda umat Islam, apakah sudah tahu tata cara menyembelih hewan qurban dengan baik dan benar sesuai syariat Islam? Menjelang Idul Adha atau hari raya qurban, selalau ramai orang membicarakan seputar tata cara penyembelihan hewan qurban dan bahkan juga aqiqah, kemudian banyak orang mencari info tata cara penyembelihan hewan qurban, waktu penyembelihan hewan qurban dan lainnya.

Baca juga: Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik.

Tak sedikit pula, orang mencari informasi seputar tata cara menyembelih hewan qurban 2015 book download, video penyembelihan hewan qurban 1436 h, proses penyembelihan hewan qurban, tata cara menyembelih hewan qurban terbaru 2015, tata cara menyembelih hewan kurban wikipedia, tata cara menyembelih hewan menurut Islam dan lain sebagainya.

Cara pertama adalah yang menyembelih harus membaca bismillah. Dalam hadits Anas R.A riwayat Al-Bukhari (Nomor 5565) dan Muslim (Nomor 1966), bahwa Nabi Muhammad SAW berqurban dengan dua kambing kibasy yang berwarna putih bercampur hitam lagi bertanduk: وَيُسَمِّي وَيُكَبِّرُ “Beliau membaca basmalah dan bertakbir.”

Cara kedua, membaca takbir sesuai dengan hadist di atas. Hal ini menjadi penting, karena pada saat momentum penyembelihan hewan Qurban masih hari raya Idul Adha.

Cara ketiga, menghadap kiblat.

Cara kelima, penyembelih harus tahu tata cara yang benar. Diutamakan ia adalah orang berakal sehat, kalau di Indonesia biasanya adalah kiai, ustaz yang sudah dipercaya warga setempat. Jadi jangan sampai yang menyembelih justru orang tidak waras atau orang yang tidak paham dengan agama Islam.

Baca juga: Tragedi Penyembelih Ismail, Nabi Ibrahim Dikatakan Nabi Kriminal, Benarkah?

Kemudian, sebelum menyembelih, diusahakan kambing, sapi atau kerbau harus dicuci atau dimandikan bersih. Hal itu menjadi hal yang paling penting sebelum prosesi penyembelihan dilakukan, baik di masjid maupun di musholla.

Islam juga menganjurkan agar pisau yang digunakan untuk menyembelih harus tajam dan dilarang tumpul. Sebab, kalau tumpul akan menyiksa hewan tersebut.

Mendekati hari Idul Adha 2015 ini, banyak juga orang mencari informasi seputar harga kambing 2015, harga hewan qurban Sapi 2015 dan sebagainya. Banyak juga orang mencari info seputar cara memilih hewan qurban, harga tips memilih hewan qurban, tata cara menyembelih hewan qurban, cara memotong hewan qurban, cara penyembelihan hewan qurban, tata cara penyembelihan hewan qurban dan aqiqah, tata cara penyembelihan hewan qurban ebook download, tata cara penyembelihan hewan qurban wikipedia dan lain sebagainya. (Laporan Khusus Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here