Para pengunjung Masjid Sunan Kalijaga Demak saat berfoto

Demak, Harian Jateng – Bagi yang belum pernah menjelajahi wisata rohani Demak, Jawa Tengah, patut kita ajak untuk berwisata di Masjid Sunan Kalijaga Demak yang sangat unik, ramai pengunjung, apalagi malam Jumat seperti yang berlangsung Kamis sore, (17/9/2015) ini. Ribuan peziarah ramai berkunjung ke Makam Sunan Kalijaga Demak dan salat di Masjid Sunan  Kalijaga tersebut.

Baca juga: Mengintip Mistisnya Menara Kudus

Masjid Sunan Kalijaga Demak adalah salah satu peninggalan sejarah yang sangat unik dan bisa dikaji oleh berbagai peneliti dan mahasiswa. Sebab, selama ini sudah banyak orang mengkaji tentang kesaktian Sunan Kalijaga, keturunan Sunan Kalijaga, mistisme Masjid Sunan Kalijaga Rangga, lab agama Masjid Sunan Kalijaga blog, Masjid Sunan Kalijaga Margadana, masjid Sunan Kalijaga kerkhofen kuburan Belanda, sejarah Masjid Sunan Kalijag Demak dan bahkan keturunan Sunan Kalijaga yang masih hidup saat ini.

Selain Masjid Sunan Kalijaga di Kadilungu, Demak, Jawa Tengah ini, sebenarnya ada juga Masjid Sulthoni yang berada di Dusun Semaken I, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo yang merupakan salah satu peninggalan sejarah menarik. Masjid tersebut juga dikenal dengan Masjid Sunan Kalijaga.

Masjid Sunan Kalijaga Demak

Akan tetapi, yang perlu dikaji di sini adalah Masjid Sunan Kalijaga di Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang sangat menarik wisatawan dari berbagai penjuru, bahkan sampai umat Islam dari luar negeri, seperti Arab Saudi dan Malaysia.

Dalam sejarahnya, Masjid Sunan Kalijaga di Demak ini sudah direnovasi pertama kali pada tahun 1564 M oleh Pangeran Wijil. Kemudian,  pada tahun 1990, pengurus Masjid Sunan Kalijaga Demak kembali melakukan pembangunan fisik meliputi tempat salat dan tempat wudhu putri yang terpisah dengan pria.

Sampai saat ini, orang-orang berziarah di Makam Sunan Kalijaga juga sekaligus mengunjungi Masjid Sunan Kalijaga Demak yang lokasinya tak jauh dari lokasi Makam Sunan Kalijaga tersebut. Jika Anda ke Demak, jangan lupa mampir di Hotel Demak yang bisa memanjakan diri Anda ketika lelah selama sehari penuh berjalan-jalan di Kota Wali tersebut.

Baca juga: Ini Dia Hotel Murah Demak Jawa Tengah.

Jika Anda ingin ke sana, Anda harus menyiapkan diri juga untuk berziarah sekaligus salat di Masjid Sunan Kalijaga Demak yang sangat asri, adem dan dijadikan pusat kegiatan agama warga setempat. (Red-HJ44/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here