Salah satu lokasi Pantai Congot yang masih asri

Dukuhseti, Harian Jateng – Bagi warga Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tentu tak asing dengan nama “Congot” atau lebih mudahnya Pantai Congot Selempung. Di Kecamatan Dukuhseti, sebenarnya banyak wisata pantai yang perlu dijamah. Tak hanya Pantai Banyutowo Dukuhseti, namun ada juga Pantai Kenanti, Pantai Tayu, Pantai Alasdowo dan lain sebagainya.

Baca juga: Menikmati Indahnya Pantai Banyutowo Dukuhseti Pati.

Secara administratif, Pantai Congot Selempung ini berlokasi di dekat Dukuh Selempung, Desa Dukuhseti Pati. Bisa ditempuh dengan sepeda motor sekitar 10 menit. Sebab, dari pantauan Harian Jateng, jarak pantai dengan perumahan warga sekitar 2 KM yang bisa ditempuh melalui area tambak warga setempat.

Dinamakan Pantai Congot, dikarenakan lokasi pantai memang menjorok ke laut. Congot berarti menjorok, dan komplek pantai ini memang seperti tanjung, yaitu daratan yang terlalu menjorok ke laut.

Belakangan ini, muncul gagasan pemuda setempat untuk menjadikan Pantai Congot ini sebagai salah satu objek wisata. Sebab, kondisi alam yang masih asri, alami, pantai yang agak bersih daripada Pantai Banyutowo, menjadikan pemuda setempat termotivasi menggarap objek wisata tersebut. Apalagi, di sana ada makam bersejarah yang bisa dijadikan objek penelitian.

Jika Anda ingin melihat foto-foto Pantai Congot Selempung, berikut yang berhasil diabadikan tim wisata Harian Jateng tak lama ini:
 

Keindahan gunung yang bisa dilihat dari sekitar lokasi Congot
Kapal yang berlabuh di Pantai Congot milik warga Selempung, Dukuhseti, Pati.
Tim wisata Harian Jateng saat berkunjung di Pantai Congot Selempung

Baca juga: Menjamah Situs Congot yang Angker di Selempung Dukuhseti.

Situs Congot di Selempung Dukuhseti tersebut, sebenarnya menyimpan banyak hal mistis, sejarah dan bisa dikaji dari berbagai sudut pandang, termasuk antropologi, sejarah dan juga epistemologi.
Dari makam yang ada, membuktikan bahwa Pantai Congot tersebut menjadi bukti sejarah bahwa Desa Dukuhseti menjadi salah satu lokasi persinggahan para saudagar dari Saudi Arabia atau dari Mesir, China dan lain sebagainya. Apalagi, tak jauh dari pantai ini, ada juga situs sejarah di Pulau Mandalika Jepara yang lokasinya sangat dekat dan dulu menjadi alternatif transportasi kapal zaman dulu. Baca juga: Mengintip Pulau Mandalika yang Angker di Jepara.

Tak hanya itu, adanya Benteng Portugis Jepara juga menjadi replika sejarah, bahwa banyak kejanggalan-kejanggalan di Dukuhseti, salah satunya adanya makam di area tambak di sekitar lokasi Congot tersebut. Baca juga: Wisata Benteng Portugis yang Menjadi Wisata Dunia.

Oleh karena itu, sudah saatnya Pantai Congot Selempung ini digagas menjadi salah satu objek wisata alam di Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Sebab, selama ini yang dikenal masyarakat, Congot hanya terkenal dengan “mistisnya” saja. Padahal, banyak sekali eksotisme alam, di pohon bakau, banyak sekali keindahan alam dan burung-burung yang alami di komplek Congot tersebut.

Anda tertarik ke sana? Baca juga: Ini Rute Menuju Wisata Pantai Congot Dukuhseti Pati.

(Laporan Khusus Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here