Yudhie Haryono.

Semarang, Harian Jateng – Pakar politik yang juga Direktur Eksekutif Nusantara Centra, M Yudhie Haryono, menilai Indonesia saat ini sudah memasuki zaman edan. Sebab, di Indonesia ini sudah kehilangan 3 (tiga) nilai yang agung.

“Indonesia surplus nilai-nilai (agama dan kebijaksanaan lokal). Indonesia minus sistem (karena kolonial internasional dan lokal). Indonesia devisit manusia teladan (semua korup),” ujar dia, Senin (14/9/2015).

Ia juga mengutarakan apa solusi dan bagaimana mengatasi problematika tersebut. “Prediksi Jayabaya tentang datangnya Zaman Edan sudah makin dekat,” beber dia.

Zaman Edan, menurut Yudhie adalah zaman di mana orang jahil berkuasa dan orang pandai merampok harta, orang alim menipu dan orang waras belagu, orang jujur hancur dan orang idealis tergilas.

“Zaman edan itu juga di mana lelaki membanci dan perempuan mendominasi, agama dan nilai-nilai dipidatokan tetapi khianatinya dijalankan. Zaman ini dimulai dari begundal Soeharto sampai pemblusuk Joko Widodo,” pungkas dia. (Red-HJ55/Foto: YH/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here