Pedagang kambing di pasar hewan Wonosobo.

Wonosobo, Harian Jateng – Meskipun hari raya Idul Adha 2015 sudah dekat, akan tetapi penjualan kambing untuk qurban di Pasar Kambing Wonosobo, Jawa Tengah masih sepi. Sebab, warga setempat justru lebih tergoda membeli sapi untuk qurban.

Baca juga: Cara Mudah Memilih Hewan Kurban yang Baik.

Menurut mereka, daging sapi jumlahnya lebih banyak danukurannya lebih besar. Secara kalkulatif, warga juga berpendapat harga sapi lebih ekonomis daripada membeli kambing.

Terpisah, Rohani, salah satu pembeli hewan dari Kalibeber Wonosobo, menuturkan lebih memilih hewan qurban sapi karena lebih ekonomis. Secara kalkulatif, menurut dia, satu sapi bisa dipatung atau dirombong sampai tujuh orang. Sedangkan satu ekor kambing hanya untuk satu orang jika untuk qurban.

“Kalau beli kambing satu harganya kan bisa mencapai Rp2,5juta. Tetapi, kalau  secara kelompok maka iuran Rp2juta sudah dapat satu ekor sapi,” beber dia.

Sutarno, salah satu penjual kambing asal Lumiring, Kecamatan Mojotengah, Wonosobo, menegaskan bahwa penjualan sapi di Wonosobo setiap kali lebaran Idul Adha sepi. Menurut dia, warga lebih suka membali sapi.

“Sebagian besar pembeli secara gotong royong iuran membeli sapi untuk dijadikan hewan kurban,” kata dia, Selasa (8/9/2015) di Pasar Hewan Wonosobo.

Dampak dari hal itu, menurut Sutarno mengakibatkan pasokan kambing yang dikirim dari Wonosobo ke Jakarta pun menurun. Pasalnya, beberapa tahun kemarin, banyak sekali jumlah kambing yang didistribukan ke Jakarta, bahkan jumlahnya sampai ratusan. Namun, tahun 2015 ini, menurut dia, justru mengalami penuruan drastis.

“Empat tahun ke belakang, sebelum lebaran sudah persiapan membeli kambing dari para peternak di desa. Namun, tahun ini hanya beberapa peternak saja, karena jumlah permintaan berkurang,” bebernya kepada Harian Jateng saat ditemui di pasar hewan tersebut.

Dari pengurangan pemesanan tersebut, ia pun selaku pedagang hanya membawa kambing sesuai dengan pesanan yang ia terima. “Sampai saat ini sudah ada sekitar 50 ekor yang dipesan,” jelas dia. (Red-HJ5/Foto: Jamil/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here