Siapa yang sudah menjamah Wisata Pantai Ngebum Kaliwungu  Kendal yang indah? Pantai Ngebum merupakan salah satu  obyek  wisata yang ramai dikunjungi  tiap hari libur atau akhir pekan liburan. Banyak warga dari luar kota Kaliwungu datang ke Pantai Ngebum untuk melepas penat melihat pemandangan matahari terbit,  berjemur dibawah sinar matahari pagi (dede), dan konon katanya sebagai alternatif pengobatan alami yaitu mandi di pantai Ngebum bisa untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal.

Setiap hari biasa pun,  juga ada pengunjung yang datang, bisanya banyak segerombolan anak-anak muda. Hanya sekadar main-main, ada juga anak-anak sekolah yang mengadakan kegiatan disana.

Lokasi Pantai Ngebum Kaliwungu
Pantai yang terletak di desa Mororejo ini jaraknya tidak terlalu jauh jika menggunakan transportasi kendaraan bermotor atau mobil pribadi, namun kebanyakan warga yang asli penduduk Ngebum biasanya menggunakan angkutan dokar (andong).

Pantai yang sangat luas terbentang dari timur berbatasan dengan Pabrik kayu lapis dan sebelah barat  nan dekat disana terlihat dermaga Kota Kendal yang mengagumkan. Karena kondisi pantai yang tidak terlalu landai seperti  kebanyakan pantai selatan jawa, petualang anda bersama keluarga bisa lebih leluasa untuk berenang. Namun tidak di anjurkan untuk terlalu jauh menuju laut. Apabila anda tidak terlalu  pintar berenang atau anda membawa anak-anak, bisa menyewa pelampung ban yang banyak disediakan di pinggir pantai. Tinggal memilih ukuran ban yang besar atau kecil, suka-suka  saja.  Jika anda hanya ingin menikmati pemandangan juga ada jasa penyewaan tikar untuk bersantai ria dibawah pohon sambil menikmati makanan yang banyak yang berjualan makanan dipinggiran pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngebum Kaliwungu
Tiket masuk ke pantai hanya Rp. 3.000,-, memang cukup murah. Setelah melewati tiket masuk, sekitar 100 meter kemudian petualang akan berada persis di ujung pantai Ngebum. Setelah itu anda dipersilahkan untuk memarkir kendaraan yang banyak disediakan warga Ngebum dengan membayar parkir  Rp. 2.000,- untuk  roda dua.

Fasilitas Pantai Ngebum Kaliwungu Kendal
Berjalan–jalan beberapa langkah, ada beberapa warung-warung yang menyediakan banyak makanan dan minuman jika anda merasa capek atau pun lapar saat perjalaan , dan anda berjalan sudah menemukan keindahan alam yang menajubkan. Ombak yang indah dan banyak kursi di pinggir pantai menambah nyaman suasana Pantai.  Beberapa penjual sate sapi  khas yang berderetan dipinggiran pantai menghiasi area Pantai Ngebum yang indah.

Walaupun tidak memiliki pasir putih yang indah, pantai Ngebum juga tidak kalah indah. Pantai ini cenderung memiliki warna pasir yang gelap dan kecoklatan. Beberapa nampak mulai menghitam, entah karena kondisi pasir atau beberapa orang suka melakukan aktivitas membakar api unggun yang menyebabkan sisa arang tertempel di pasir. Pantai Ngebum lumayan bersih, walaupun disana-sini ada sampah plastik yang tergeletak menyedihkan. Sebagai saran saja, makanlah sesukanya namun jangan buang sampah sesukanya disembarang tempat. Pantai Ngebum memiliki tempat sampah yang tersedia dimana-mana, jadi jangan malu untuk membuang sampah di tempat yang semestinya.

Buat anda, bila berada di sekitar Kaliwungu atau memiliki kesempatan waktu silakan untuk berkunjung di pantai Ngebum dengan harga yang merakyat. Dekat dengan dermaga Kendal, dengan kemudahan akses yang dimiliki. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment yang ada di pantai Ngebum, Mororejo, Kaliwungu, Kendal. Semoga hari Para Petualang menyenangkan.

(Laporan Wisata Chintia/Foto: Cahrogo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here