Salah satu pengunjung Expo Kendal 2015

Kendal, Harian Jateng – Expo Kendal 2015 diserbu ribuan masyarakat Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dan sekitarnya.  Ribuan orang dari berbagai kalangan dari Kendal maupun luar Kota Kendal tersebut berbondong-bondong  untuk menyaksikan kemeriahan panggung hiburan di acara Expo Kendal tersebut. Tampak ribuan pengunjung pada Rabu malam (3/8/2015) yang melihat dan menikmati keindahan dalam Expo Kendal 2015 tersebut.

Bupati Widya Kandi Susanti mengatakan Kendal Expo merupakan agenda rutin setip tahun sekali yang merupakan ajang pameran multiproduk dengan menampilkan produk unggulan khas Kabupaten Kendal. Acara itu sekaligus merupakan rangkaian peringatan HUT ke 410 Kabupaten Kendal. Agenda tahunan ini tentunya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat khususnya Kabupaten Kendal sehingga diharapkan dapat menyedot animo masyarakat untuk berkunjung.

Para pengunjung yang datang mengaku jika mereka datang untuk menyaksikan kemeriahan musik dangdut.  Selain itu, banyak muda mudi yang asyiek berfoto selfie atau jalan-jalan di sekitar kawasan Expo Kendal.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Widya juga melelang tiga buah batu akik Kalibodri khas Kendal yang diberi nama Badar Besi Kinasih kepada para tamu undangan yang hadir dalam pembukaan Kendal Expo.

Berbagai pameran yang bertema  Kendal Mukti ini memunculkan berbagai produk yang disajikan diantaranya yaitu batu akik Kota Kendal yang kini sedang hangat diperbincangkan. Selain itu diwajibkan oleh Bupati Kendal Widya Kandi Susanti untuk PNS di daerah Kendal untuk dapat memperkenalkan batu akik Kendal  kepada masyarakat luas dengan mewajikan. Sebagaimana untuk memperkenalkan  batu akik Kendal yang tak kalah indah dengan daerah lain. Batu akik kendal mempunyai 15 varian, selain itu Batik Kendal yang masih dipertahankan juga. 

“Di antara akik asli Kendal ada panca warna, teratai, fosil total, badar lumut, badar besi, telur kodok, dan retak seribu. Yang unik, badar besi ini bisa nempel di magnet, masyarakat Kendal harus bangga,” kata Widya.

Menurut warga Kendal sendiri, acara Expo Kendal ini sangat menghibur sekali dari berbagai kalangan. Dari anak-anak, anak muda dan orang tua. Selain itu, tempatnya yang luas di Stadion Baru Kebondalem, Kendal.

“Saya sangat senang sekali di acara Kendal Expo ini, banyaknya hiburan seperti musik, kuliner yang enak-enak yang belum pernah ada di tahun kemarin, pameran produk yang bagus-bagus juga, “ ujar Ana warga Kendal.

Dulunya yang biasa warga Kendal menyebutnya PSPP sekarang menjadi berubah nama menjadi Expo Kendal. PSPP singkatan dari Pameran Seni, Promosi dan Pembangunan  yaitu suatu acara yg digelar setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Kendal dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal. Utk PSPP atau Kendal Expo tahun 2015 ini adalah gelaran yg ke-30.
Penggunaan nama Kendal Expo sendiri dimulai sejak 3 tahun yang lalu agar terlihat lebih modern.

Menurut Sekda Bapak Bambang Dwiyono mengatakan “Kendal Expo yang merupakan ajang pameran produk-produk UMKM sangat efektif dalam memasarkan industri rumahan masyarakat.

“Selain membantu melebarkan jaringan bagi para pelaku usaha, juga bisa menjadi inspirasi bagi kaum muda yang kreatif,”  kata Bambang.

Selain itu, Kabag Perekonomian Sudi Mudiyono menambahkan, lebih dari 250 stand berdiri di acara Kendal Expo 2015 ini. Stand tersebut antara lain mewakili SKPD, kecamatan, BUMN/BUMD, dan pedagang kaki lima.

“Khusus SKPD dan kecamatan wajib memamerkan produk asli kreasinya sendiri, “kata Sudi.

pelaksanaan Kendal Expo sendiri sangat efektif bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan berbagi macam produknya, karena ajang tersebut tiap harinya dikunjungi ribuan orang, dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung tentunya diharapkan transaksi yang terjadi selama Kendal Expo terus meningkat dari tahun ke tahun. (red-HJ49/Foto: Chintia/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here