Bagi warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tentu perlu merasa Wisata Goa Manik Jepara, Jateng. Goa Manik Jepara sering juga disebut Gua Manik Jepara yang menjadi daftar wisata murah Jepara.

Gua Manik Jepara ini, lokasinya sekitar 5 KM dari wisata Air Terjun Songgo Langit yang sangat menarik. Lokasi dan jalan untuk menuju tempat Goa Manik, lumayan licin, terjal dan Anda harus hati-hati saat berjalan ke sana.

Goa Manik Jepara ini memang menjadi destinasi wisata warga Jepara, Pati, Demak, Kudus, Blora, Rembang, Semarang dan sekitarnya. Apalagi Goa Manik Jepara ini adalah goa alam, terbentuk alami dari proses alam.

Sebenarnya, di lokasi Goa Manik Jepara ada dua gua, yang sangat dekat. Akan tetapi, goa yang satu berada di tepat bawah pancuran air. Konon, legenda Goa Manik Jepara ini dulu bahkan sampai sekarang sering digunakan untuk bertapa untuk mencari kesaktian. Mitos bertapa di Goa Manik Jepara, diyakini akan menemukan sesuatu yang berharga, terutama goa yang di bawah air mancur tersebut.

Wisata Gua Manik Jepara ini, tak kalah menarik dengan wisata Benteng Portugis Jepara, Pantai Kartini Jepara, juga wisata Pulau Mandalika Jepara yang sangat memukau mata wisatawan saat berkunjung ke sana. Di Jepara, juga memiliki keelokan wisata, salah satunya juga wisata Karimun Jawa atau Karimun Java yang sudah dikenal wisatawan di manca negara.

Lokasi Gua Manik Jepara

Lokasi Gua Manik Jepara berada di Desa Sumanding, Kecamatan Kembang, Jepara, Jawa Tengah. Anda bisa ke alamat Goa Manik Jepara dengan naik kendaraan apa saja, mulai dari ojek, sepeda motor sampai mobil.

Lokasi Goa Manik Jepara ini juga sangat dekat dengan pantai. Maka Anda juga bisa menikmati indahnya pantai Goa Manik Jepara yang bisa Anda jadikan objek untuk foto-foto bersama teman-teman.

Tiket Masuk Goa Manik Jepara
Tiket masuk Goa Manik Jepara sangat murah. Untuk satu orang, hanya sekitar Rp. 5000 sampai Rp. 10.000. Bisanya, untuk hari libur panjang, wisata ini sangat ramai pengunjung sehingga harga tiket kadang juga dinaikkan.

Fasilitas Gua Manik Jepara
Fasilitas Goa Manik Jepara ini relatif banyak, ada gazebo, kantin, lahan parkir, juga rumah adat Jepara khas Sumanding, menara pandang, dan sebagainya.

Bagi Anda yang belum pernah ke Gua Manik Jepara, silahkan datang ke sana dan eksporlah wisata Jepara Jawa Tengah.

(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here