Rektor UMK Kudus

Kudus, Harian Jateng – Sebagai kampus yang bergengsi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan juga peduli dengan kondisi alam di Indonesia, Universitas Muria Kudus (UMK) Kudus mendukung gerakan restorasi sungai Indonesia. Dalam hal ini, Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Dr. Suparnyo SH MS mengajak mahasiswa UMK mencintai sungai.

Rektor UMK tersebut berjanji akan mengajak mahasiswa UMK ikut berperan menjaga sungai kebersihan dan kelestarian. “Salah satunya, bisa dimulai dengan kegiatan bersih sungai. Ini bisa dilakukan, antara lain melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Malam Keakraban (Makrab) mahasiswa baru,” jelasnya.
Pihaknya juga mendukung gerakan Restorasi Sungai Indonesia, yang diinisiasi dan diprakarsai oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Dukungan itu dikemukakan Suparnyo usai menghadiri dalam rapat persiapan Kongres Sungai Indonesia (KSI) bersama gubernur H. Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur Jateng di Puri Gedeh, Semarang, Senin malam (3/8/2015). KSI pertama akan digelar di Kabupaten Banjarnegara pada 26-30 Agustus 2015.

“Gerakan mengembalikan peran sungai kepada fungsinya (restorasi), ini perlu mendapatkan dukungan dari semua elemen. UMK mendukung gerakan yang merupakan upaya pemuliaan kembali sungai,” ujar Rektor UMK, kemarin di Kudus.

Dia mengemukakan, sudah cukup lama juga bersama dengan beberapa akademisi UMK, menggagas gerakan pemeliharaan sungai di kampung-kampung di Kudus, dengan menggandeng beberapa pihak, seperti Kodim, Polres, maupun organisasi lainnya.

“Hanya saja, karena kesibukan, gagasan tersebut sampai sekarang belum terealisasi. Dengan adanya gerakan Restorasi Sungai Indonesia ini, kami akan berupaya segera merelisasikannya, dan mendorong agar sungai-sungai di wilayah Kudus dan Karesidenan Pati umumnya dijaga kelestariannya,” ujar dia. (Red-HJ12/UMK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here