Faiz saat menunjukkan batu akik miliknya

Pati, Harian Jateng – Batu akik yang harganya murah, ternyata menjadi idola anak-anak SD di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mereka mengoleksi batu akik, karena teman-temannya juga mengoleksi batu akik.

Faiz, anak kelas I SD Dukuhseti, Kabupaten Pati, ini mengoleksi batu akik karena harganya murah. Menurutnya, saat ditemui Harian Jateng di rumahnya, ia mengaku bahwa di sekolah juga ada penjual batu akik.

“Saya membeli di sekolah, harganya Rp 2500,” ujar dia kepada Harian Jateng. Menurut penuturannya, harga batu akik khusus anak-anak SD atau MI adalah sekitar Rp 2500 sampai Rp 5000.

Untuk masalah jenis, bagi mereka memang tidak terlalu dipedulikan. Yang penting, murah dan menarik, langsung saja dibeli. Sampai detik ini, Faiz sudah mengoleksi sekitar 3 jenis batu akik.

“Saya punya tiga, tapi tak pakai satu,” ujar dia, kemarin, saat ditemui Harian Jateng di rumahnya, Desa Dukuhseti RT 2 RW 4 Kecamatan Dukuhseti, Pati.

Menurut penuturan Sukawi, ayah Faiz, demam batu akik di Kabupaten Pati memang membawa dampak bagi anak-anak. Tak sedikit anak-anak usia SD/MI yang menyisihkan jatah uang jajan untuk membeli batu akik.

“Sudah hampir enam bulan ini, di sini banyak anak-anak membeli batu akik,” kata dia. Menurutnya, anak-anak suka mengoleksi karena pengaruh teman-temannya dan banyak toko gemstone berjubel. (Red-HJ35/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here