Husnul dan Umi saat di lokasi lomba

Kudus, Harian Jateng – Husnul Khoiriyah, siswi MA Madarijul Huda Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati menyabet Juara Harapan I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se Jawa di STAIN Kudus, Jawa Tengah, Selasa (28/7/2015).

Sebelumnya, semua peserta tingkat SMA/SMK/MA ini diminta mengirim soft file dan berkas administrasi kepada panitia. Kemudian, mereka diseleksi dan yang lolos harus presentasi di hadapan dewan juri pada Selasa (28/7/2015) kemarin di kampus STAIN Kudus.

Umi Fadhilatin SPd, pembimbing Karya Tulis Imiah MA Madarijul Huda kepada Harian Jateng mengatakan bahwa untuk lolos ke tahap presentasi memang agak sulit. Apalagi digelar se Jawa dari beberapa peserta. Akan tetapi, ia bersyukur ada muridnya yang lolos dan membawa harum nama MA Madarijul Huda di kancah Jawa.

“Alhamdulillah, Husnul Khoiriyah, siswi kelas XI IPA MA Madarijul Huda bisa dapat Juara Harapan 1,” ujar dia kepada Harian Jateng.

Judul yang diteliti Husnul adalah “Peran industri tepung tapioka dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat Ngemplak Kidul Margoyoso Pati” yang membawanya ke panggung LKTI tingkat Jawa tersebut.

Menurut Umi, isi karya yang diangkat Husnul tersebut lebih kepada perkembangan industri tepung tapioka, kemudian menyoroti dampak positif dan negatif terhadap kondisi ekonomi dan sosial manyarakat.

“Meski banyak dampak positifnya, pertumbuhan ekonomi yang pesat, pembangunan sarana prasarana fisik, kesejahteraan meningkat, tapi di sisi lain juga ada dampak negatifnya, salah satunya adalah sistem kekerabatan yang menurun,” jelas sarjana pendidikan lulusan Unnes tersebut. (Red-HJ78/Foto: Umi/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here