Blora, Harian Jateng – Selama ini sudah banyak tokoh dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah, entah itu seniman, budayawan, artis, kiai, pemikir, sastrawan dan akadmemisi yang mengharumkan nama Blora sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah.

Dari lansiran Harian Jateng, ada sekitar 14 tokoh Blora Jawa Tengah yang mendunia yang dikenal semua kalangan di Blora, Jawa Tengah bahkan Indonesia dan seluruh dunia.

Ada beberapa tokoh yang mendunia dalam bidangnya, ada yang tokoh kolosal Blora, tokoh politik Blora dan selebriti Blora. Untuk tokoh kolosal Blora adalah Aryo Penangsang, kemudian Pocut Meurah Intan, pejuang Aceh yang dibuang Belanda ke Blora dan meninggal serta dimakamkan di Desa Temurejo, Blora yang sampai detik ini tetap ramai makamnya.

Untuk  tokoh politik dan kebangsaan serta pejuang keindonesiaan adalah Tirto Adhi Soerjo, Marco Kartodikromo, Pramoedya Ananta Toer atau Pram, Ali Moertopo, Mukti Ali, LB Moerdani dan juga Samin Surosentiko pelopor Ajaran Samin (Saminisme). Selain itu, ada juga Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, juga Mas Sutardjo Kertohadikusumo; pencetus Petisi Sutarjo.

Untuk tokoh selebriti asal Blora atau yang besar dan berdiri dari Blora adalah Farid Aja, Wali Band dan juga Maria Asteria Sastrayu Rahajeng. Semua orang pasti mengenal sosok-sosok di atas yang ahli dan terkenal di bidangnya.

Selain Blora, sebenanya tiap daerah memiliki tokoh sendiri-sendiri. Seperti tokoh terkenal asal Demak, tokoh terkenal asal Grobogan, tokoh terkenal asal Pati, tokoh terkenal asal Rembang, tokoh terkenal asal Jepara, tokoh terkenal asal Kudus, tokoh terkenal asal Semarang dan sebagainya.

Selain Blora, juga banyak tokoh terkenal asal Kendal, tokoh terkenal asal Batang, tokoh terkenal asal Solo, tokoh terkenal asal Salatiga, tokoh terkenal asal Pekalongan, tokoh terkenal asal Pemalang, tokoh terkenal asal Brebes, tokoh terkenal asal Tegal, tokoh terkenal asal Boyolali, tokoh terkenal asal Temanggung, tokoh terkenal asal Wonogiri dan sebagainya. (Red-HJ37/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here