Semarang, Harian Jateng – Kawasan PLK Kokrosono Semarang memang menjadi surga barang loak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Berburu benda atau barang loak, antik, kuno, second (setengah pakai) memang menyenangkan tapi harus tetap waspada.

Baca juga: Awas, Batu Akik di Kokrosono Semarang 80 Persen Palsu.

Tak hanya di Kokrosono Semarang, selama ini banyak sekali orang mencari informasi loakan motor di Solo, loakan HP di Salatiga, loakan TV di Boyolali, loakan onderdil mobil terbaru 2015-2016, loakan motor Ciledug, loakan sepatu di Klaten 2015, loakan binter Merzy, loakan vespa, loakan vans loakan motor terbaru 2016, loakan motor Tangerang dan sebagainya. Untuk di Semarang sendiri, memiliki pusat dan surga barang loakan dan juga grosiran.

Kokrosono Semarang merupakan salah satu pusat jual beli benda loak atau loakan (sebagian orang Jawa menyebut lowakan). Kokrosono PKL atau PKL Kokrosono menjadi salah satu rujukan warga untuk menjual dan membeli barang kuno.

Di Semarang sendiri, ada beberapa pusat jual beli barang loakan. Seperti PKL Kokrosono, kawasan Pasar Barito, Mijen, kawasan Citarum, kawasan Pasar Peterongan dan sebagainya. Khusus untuk baju loak atau pakaian bekas, lokasinya di Jalan Kartini, Semarang.

Di Jawa Tengah, tiap kabupaten/kota pasti memiliki pusat barang loakan sendiri. Seperti pasar loakan di Semarang, pasar loakan di Demak, pasar loakan Kudus, pasar loakan di Jepara, pasar loakan di Pati, pasar loakan di Rembang, pasar loakan di Grobogan, pasar loakan di Blora, pasar loakan di Kendal, pasar loakan di Batang, pasar loakan di Pemalang, Pekalongan, pasar loakan di Tegal, Brebes, pasar loakan di Kebumen, Purbalingga dan sebagainya.

Di PKL Kokrosono, menjual dan menawarkan berbagai macam barang loak, setengah pakai bahkan langka. Mulai dari kipas angin, televisi, HP, kabel, setrika, komputer, kaset, sound system, onderdil motor, onderdil mobil, batu akik, jam, tas, dispenser, lampu, senter, charger HP/laptop dan sebagainya.

Peta dan Alamat PKL Kokrosono Semarang
Jika Anda mau ke Kokrosono Semarang, cara mudah. Bagi warga Semarang, bisa dijangkau dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Bagi warga non Semarang, silahkan Anda naik angkutan umum, bus, ojek atau taksi di Semarang menuju lokasi Kokrosono Semarang.

Anda harus tahu peta dan alamat PKL Kokrosono Semarang, yaitu di Jalan Kokrosono Semarang, Jawa Tengah, dekat dengan arah Tugu Muda Semarang/Simpang Lima Semarang. Dari Bandara Ahmad Yani, langsung saja menuju arah Tugu Muda, sampai di Kokrosono, belok kiri dan di situ lah lokasinya.

Untuk harga di Kokrosono sangat murah dan meriah. Semua bergantung kepandaian Anda dalam menawar. Seperti contoh harga batu akik. Rata-rata para penjual di sana menawarkan batu akik jenis badar besi sekitar Rp 40.000 sampai Rp 50.000.

Caranya, Anda harus menawar setengah harga saja bahkan 30 persen dari harga pokok. Jika penjual menawarkan batu akik seharga Rp 50.000, maka tawar saja Rp 25.000 atau Rp 20.000 saja. Kalau tidak demikian, Anda akan tertipu, soalnya penjual di sana sudah lihai dalam memoles benda setengah pakai menjadi bagus. Selamat berbelanja.

(Laporan Ekonomi Bisnis Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here