Semarang, Harian Jateng – Bagi sebagian kalangan, batu akik dinilai sebagai benda yang memiliki kekuatan atau tuah. Akan tetapi, bagi kaum rasionalis, batu akik hanya benda seperti batu biasa, kayu, tembok dan sebagainya. Akan tetapi, berbeda dengan para kolektor batu akik dan pecinta batu akik. Banyak yang menilai bahwa batu akik memiliki tuah dan kekuatan tersendiri.

Ismail Hadi (34) pengamat batu akik di Semarang, Jawa Tengah, menilai bahwa batu akik memang memiliki kekuatan tersendiri. “Ya ini bukan masalah klenik atau tidak. Soalnya saya sendiri menilai klenik itu juga cabang ilmu,” ujar dia, Kamis (11/6/2015) di Semarang.

Dalam sistem tata nilai masyarakat, kata dia, batu akik tergolong wujud animisme masyarakat. “Kalau percaya batu akik itu memiliki kekuatan, itu kan animisme atau kepercayaan kepada roh yang mendiami semua benda, seperti batu akik, pohon, sungai, gunung dan sebagainya,” tukasnya.

Dalam skala subjektif, Ismail menilai bahwa meyakini batu akik memiliki kekuatan boleh-boleh saja. Namun, jangan sampai bercampur dengan akidah atau kepercayaan yang dipercayai masyarakat.

“Mau beragama Kristen, Islam, Hindu, Budha atau pun Khonghucu, yang penting kalau percaya batu akik tak perlu berlebihan,” beber dia.

Pecinta batu akik jenis kalimaya ini mengakui, dari segi arkeologis, batu akik sebenarnya tidak semuanya batu akik asli atau bertuah. “Dari segi arkeologi, batu mulia itu memang ada, sudah banyak kajian ilmiah tentang hal itu. Tapi saat ini menjadi bias, karena banyak batu akik yang polesan sendiri,” terang dia.

Memang benar, kata dia, kita perlu belajar tentang ilmu kehidupan dan kebudayaan zaman kuno berdasarkan benda peninggalannya, seperti patung dan perkakas rumah tangga, ilmu purbakala, dan juga ilmu soal batu mulia.

“Jadi kalau ada orang meyakini mitos batu akik, jangan langsung diklaim, tapi perlu dikaji ulang. Wong memang batu yang benar-benar batu mutiara itu ya mahal dan memiliki kekuatan,” tegas dia. (Red-HJ39/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here