JOKOWI MANTU: Puluhan penjual batu akik mulai buka lapak

Solo, Harian Jateng – Menjelang pernikahan Gibran Rakabuming Raka Putra Presiden Joko Widodo dengan Selvi Ananda, yang sesuai rencana akan dilangsungkan pada 9 Juni 2015 sampai dengan 11 Juni 2015 membawa dampak positif bagi penjual batu akik.

Sebelumnya, beberapa tukang becak di Kota Surakarta, Jawa Tengah tersebut juga mendapat rezeki karena disewa untuk mengantarkan tamu dalam proses pernikahan putra Jokowi tersebut.

Penjual batu akik di Solo, Subandrio (43), mengatakan pihaknya akan membuka lapak batu akik di kawasan Graha Saba Buana Letjen Suprapto, Solo, Jawa Tengah. “Kami bersama puluhan pedagang lain berjualan di sekitar lokasi resepsi Mas Gibran dan Mbak Selvi,” ujar dia, Senin (8/6/2015) di Solo.

Sampai detik ini, sudah banyak berbagai penjual, toko-toko di Solo banjir rezeki. Mulai dari penjual makanan, tukang becak, jasa pembuatan ucapan selamat dan karangan bunga, penjual oleh-oleh khas Solo, termasuk penjual batu akik.

“Tak hanya dari Solo, banyak juga penjual batu akik dari Karanganyar, Boyolali, Wonosobo dan Banjarnegara juga nanti buka lapak di sekitar lokasi resepsi pernikahan Mas Gibran,” ungkap dia.

Seperti diketahui, agenda pernikahan Gibran-Selvi akan berlangsung pada 9 Juni 2015 sampai dengan 11 Juni 2015. Pernikahan tersebut, rencananya akan menggunakan adat Jawa, mulai dari prosesi midodareni dan sebagainya. Uniknya, Presiden Jokowi menolak semua pemberitan dari siapa dalam pernikahan tersebut.

Rencananya, kata Bandi, kami akan menawarkan berbagai batu akik khas Solo. “Ya dari batu akik jenis sangiran, bacan, badar besi, lavender, kecubung, merah delima, batu akik klawing dan lainnya,” ujar dia.

Seperti diketahui, tak hanya di sekitar Graha Saba Buana Letjen Suprapto Solo, banyak pula penjual batu akik menyambangi beberapa hotel yang digunakan para tamu dari berbagai kalangan yang menginap di sana.

“Kalau di Graha Saba Buana Letjen Suprapto Solo kan memang dijaga ketat, namun kami memilih tempat seadanya, yang penting kami bisa menawarkan batu akik yang akan kami jual,” jelas dia.
Dalam prosesi resepsi pernikahan Gibran putra Jokowi tersebut, sesuai rencana yang sudah dikonsep, nanti akan dibagi ke dalam lima sesi. Tiga sesi resepsi pada siang hari, dan dua sesi selanjutnya adalah resepsi pada malam hari yang dikawal ketat para petugas keamanan.

Persiapan buka lapak juga diakui Yanto (34) penjual batu akik asal Karanganyar, Jawa Tengah. Ia bersama lima rekannya siap membuka lapak di sekitar lokasi resepsi pernikahan Jokowi. Akan tetapi, ia lebih memilih menjual batu akik di sekitar hotel yang dijadikan menginap para tamu Jokowi.
“Ya ini saya sudah membawa berbagai jenis batu akik yang siap kami jual,” kata dia.

Meskipun harga biasanya sekitar Rp 100.000 ke bawah, kata dia, namun nanti kami akan menawarkan minimal Rp. 200.000 dan Rp 250.000. “Ya mumpung ada event besar seperti ini, jadi ini sekaligus mempromosikan batu akik khas Jawa Tengah,” pungkas dia. (Red-HJ35/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here