Siapa yang tak tahu apem? Terutama apem khas Semarang. Untuk menikmati makanan saat berbuka puasa, sangat cocok jika Anda memilih apem khas Semarang menjadi santapan maknyus saat buka puasa Ramadhan 2015. Apalagi, sebentar lagi puasa Ramadhan yang sesuai dengan kalender masehi 2015 dan LAPAN jatuh pada 18 Juni 2015.

Apem khas Semarang Jawa Tengah memang maknyus. Apalagi dicampur dengan kuah kolak dan santan yang sangat menendang lidah. Apem adalah salah satu makanan sederhana yang sanga cocok untuk dimakan. Apem juga menjadi makanan sehat untuk buka puasa dan juga sahur puasa Ramadan.

Bagi Anda di luar Semarang, Anda juga bisa makan makanan buka puasa dan makan sesuai selera Anda. Seperti makanan khas Demak, makanan khas Kudus, makanan khas Jepara, makanan khas Pati, makanan khas Rembang, makanan khas Blora, makanan khas Grobogan, makanan khas Salatiga, makanan khas Kendal, makanan khas Batang untuk berbuka puasa, makanan khas Pekalongan, makanan khas Pemalang, makanan khas Brebes, makanan khas Tegal, makanan khas Banyumas, makanan khas Purbalingga, makanan khas Solo, makanan khas Temanggung, makanan khas Wonosobo, makanan khas Boyolali untuk buka puasa, makanan khas Kebumen dan sebagainya.

Setiap bulan Ramadhan, pasti banyak orang mencari informasi seputar makanan buka puasa, termasuk makanan buka puasa yang enak tahun 2015, kue buka puasa Ramadan 2015, santapan buka puasa Ramadhan 1436 H, menu buka puasa tahun ini, minuman buka puasa makanan buka puasa 2015, buka puasa bersama, makanan buka puasa 2015 dan sebagainya.

Khusus untuk apem, terutama apem khas Semarang, banyak sekali orang mencari informasi seputar apem beras, resep kue apem terbaru, apem gula merah, cara membuat apem, apem panggang, apem selong, apem comal, apem bakar, apem celup enak dan sebagainya. Apalagi, apem Semarang juga menjadi salah satu kuliner dan makanan khas Semarang yang sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa bersama keluarga dan teman kantor.

Cara membuat apem Semarang sangat mudah, Anda tinggal membeli tepung dan memasaknya. Jika Anda tak bisa, carilah tutorial atau cara cepat membuat apem di majalah makanan atau menu terbaru bahkan cari di internet, pasti ketemu. Jika Anda masih tak bisa dan tak sanggup membuat apem, silahkan juga beli apem di pasaran atau di toko-toko yang menjual makanan tradisional.

Setelah Anda membeli, kalau mau dimakan dengan kuah, silahkan buat kolak apem dengan ditambah air, gula merah atau gula putih, juga santan kelapa muda. Setelah matang, masukkan apem dan siap dimakan saat Anda berbuka puasa bersama keluarga.
(Laporan Kuliner Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here