Pintu masuk Lokalisasi Sunan Kuning Semarang.

Semarang, Harian Semarang  – Lokalisasi Sunan Kuning Semarang saat Ramadhan 2015 tak perlu ditutup. Hal itu diungkapkan Hakim Alif Nugroho, Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Semarang, Selasa (2/6/2015). Kepada Harian Semarang, Hakim mengatakan bahwa lokalisasi Sunan Kuning atau akrab disebut SK Semarang, tak perlu ditutup lantaran dalih agama atau menghormati bulan Ramadhan 2015.

Biasanya, menjelang Ramadhan 2015, banyak seruan dan wacana penutupan Lokalisasi Sunan Kuning Semarang yang berada di kawasan Kalibanteng Semarang tersebut. Banyak orang menilai, dengan membuka lokalisasi terbesar di Kota Semarang tersebut, akan mengganggu umat Islam yang beribadah puasa.

Akan tetapi, Hakim mengatakan, Lokalisasi Sunan Kuning Semarang tak perlu ditutup total karena berdampak pada pemasukan pajak pemerintah. “Soale kan salah satu aset buat pajaknya untuk pemerintah, jadi tak perlu ditutup,” tukas Hakim.

Menurut dia, yang diatur harus jamnya, bukan ditutup total. “Jam operasinya yang harus diatur. Asal jam oprasional gak ganggu ibadah puasa di siang, mangrib, tarawih dan sahur,” jelas dia.

Hakim juga menilai dari berbagai aspek dan bidang. Tak hanya dalam bidang agama, namun masalah lokalisasi SK juga masalah sosial dan ekonomi. Dalam kacamata sosiologi, Hakim juga menilai bahwa PSK juga butuh makan dan hidup.

“Kalau pas Ramadhan 2015 nanti ditutup, kasihan juga para PNS yang cari THR Lebaran Idul Fitri,” tegas aktivis HMI tersebut.

Menurut Hakim, yang perlu diatur dan dimanajemen justru alokasi jam bukanya. “Ya dibuka saja, saya sebagai aktivis memandangan bahwa boleh-boleh saja dibuka, tapi minimalkan jam bukanya dan disesuaikan dengan agenda umat Islam yang beribadah saat Ramadhan,” tukas dia.

Selama ini, lokalisasi SK menjadi salah satu ikon Kota Semarang. Banyak sekali orang mencari informasi tentang lokalisasi SK Semarang. Misalnya seperti harga PSK Sunan Kuning, sunan kuning penebar pesona, lokalisasi Sunan Kuning peta dan alamatnya, Sunan Kuning Tulungagung, lokalisasi Sunan Kuning map, Sunan Kuning kaskus, makam Sunan Kuning, PSK Sunan Kuning Semarang dan sebagainya.

Meskipun bulan Ramadhan, kata dia, kalau orang serius dan niat ibadah, pasti ya tak ke lokalisasi Sunan Kuning. “Kan ada pilihan, mau jadi baik atau tidak kan semua bergantung masing-masing individu, bukan masalah SK dibuka atau ditutup,” pungkas dia. (Red-HJ79/Foto: Islamcenkia.com).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here