Perayaan Waisak di Csndi Borobudur Magelang.

Magelang, Harian Jateng – Dalam perayaan hari Tri Suci Waisak 2559 BE 2015 di Candi Agung Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sesuai rencana, Presiden RI Joko Widodo akan dikawal 3 ribu petugas keamanan. Meskipun peringatan tersebut baru dipuncaki besuk, Selasa 2 Juni 2015, akan tetapi Candi Borobudur sudah ramai dan penuh penjagaan petugas keamanan.

Sedikitnya, ada sekitar 3000 personel petugas keamanan akan mengamankan lokasi tersebut demi terjaganya keamanan. Lokasi tersebut diperketat karena Presiden Jokowi sudah dijadwalkan hadir dalam puncak peringatan Waisak 2015. Pada hari ini, Senin (1/6/2015), Presiden Jokowi juga telah memperingati Hari Lahir Pancasila 2015 dengan ziarah ke makam Bung Karno.

Kolonel Inf Stephanus Tri Mulyono selaku Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas menjelaskan pihaknya telah menyiapkan keamanan yang maksimal. Hal itu diungkapkan dia, kemarin, di Magelang. “Mengingat RI 1 akan hadir dalam acara seremonial Waisak, kami sudah menyiapkan pengamanan sejak hari ini. Ada lebih dari 3.000 personel gabungan baik dari Magelang maupun Yogyakarta,” kata dia.

Tak hanya personel TNI saja, menurut  Stephanus petugas keamanan yang berjaga di sana juga melibatkan dari Kepolisian setempat, pemda, dan juga beberapa instasi lainnya. Untuk pelibatan pasukan khusus tidak ada, kata dia, hanya intern Kodam sini saja. “Kalau penembak jitu itu kan sudah protap dan pasti ada jika ada kunjungan RI 1,” ungkap dia.

Di sisi lain, Polres Magelang juga menyiapkan 1.850 personel polisik dari berbagai satuan untuk menyiapkan prosesi Tri Suci Waisak 2015 di candi Borobudur Magelang tersebut. Hal itu menurut Kapolres Magelang, AKBP Rifki, jumlah tersebut adalah gabungan dengan Polda Jateng, juga Polres Magelang Kabupaten, Polres Magelang Kota, Polres Salatiga, Kebumen, Purworejo, Temanggung, dan Wonosobo.

“Pengamanan ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat Buddha dalam menjalankan ritual perayaan Waisak. Semua titik menjadi prioritas keamanan kita, karena semua punya kerawanan yang harus diantisipasi,” jelas dia.

Perayaan Tri Suci Waisak 2015 ini memang sangat sakral dan tak heran jika ribuan petugas keamanan dari berbagai satuan disiapkan untuk mengamankan hari raya Waisak 2015 di Borobudur. Apalagi, Presiden Joko Widodo dipastikan hadir dalam agenda sakral tersebut. (Red-HJ34/Kompas/Foto: Kresna).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here