Gethuk Runting, makanan khas Pati.
Gethuk Runting Khas Pati memang ngangeni. Ya, Gethuk Runting yang bisa Anda dapatkan di Desa Runting, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Gethuk Runting ini memang berbeda dengan gethuk lain, seperti Gethuk Lindri, gethuk khas Kudus, gethuk khas Rembang, gethuk Blora, gethuk Jepara, gethuk Grobogan, gethuk khas Semarang dan gethuk-gethuk lain di Jawa Tengah.
Gethuk Runting Pati merupakan salah satu khazanah kuliner Pati yang rasanya menakjubkan. Warung Gethuk Runting juga pantas menjadi destinasi wisata kuliner khas Kabupaten Pati. Jika Anda berada di Pati, maka tidak ada salahnya Anda menjamah Gethuk Runting yang menjadi andalan kuliner Pati tersebut.
Di Runting maupun Payang, sangat mudah ditemukan Gethuk Runting. Dinamakan Gethuk Runting karena paling banyak ditemukan di Desa Runting dan awalnya memang diproduksi warga Runting Pati. Sebenarnya, makanan lain khas Runting juga ada Petis Runting yang rasanya memang maknyus dan menggoda lidah. (Baca juga: Waw, Nasi Gandul Makanan Khas Pati Menjadi Keajaiban Dunia).
Sebagai kabupaten yang memiliki sejuta kuliner, sebenarnya makanan khas Pati perlu dieksplore agar dikenal dunia. Pasalnya, selama ini kalau berbicara kuliner Pati, yang terkenal cuma Nasi Gandul Pati. Padahal jika dijamah dan ditelusuri serta dijelajahi, banyak sekali potensi kuliner Pati yang sangat ngangeni, salah satunya adalah Gethuk Runting khas Pati yang rasanya menggoyang lidah dan memukau serta ngangeni.
Harga Gethuk Runting
Seperti harga gethuk pada umumnya, harga Gethuk Runting Pati juga sangat ramah dompet. Mengapa ramah dompet? Karena harga Gethuk Runting Pati ini sangat murah meriah, yaitu satu porsi hanya Rp. 2000 saja. Dengan uang Rp. 2000, Anda bisa menikmati rasa Gethuk Runting Pati yang ngangeni.
Anda juga bisa memesan Gethuk Runting Pati untuk acara besar. Misalnya, acara mantenan, khitan, ulang tahun, atau sekadar acara tasyakuran. Untuk harga dalam acara besar, jika Anda memesan dalam jumlah banyak, maka harga Gethuk Runting Pati bisa mendapat diskon.
Biasanya, harga umum Gethuk Runting Pati untuk dimakan ditempat atau dibawa pulang hanya Rp. 2000 saja, namun untuk jumlah besar dalam pesanan, harga Gethuk Runting Pati bisa di bawah Rp. 2000, bergantung kesepakatan penjual dan pembeli.
Nikmatnya Gethuk Runting Pati
Menyantap Gethuk Runting Pati memang nikmat. Apalagi Anda langsung datang ke warung Gethuk Runting Pati yang berada di daerah Runting dan Payang Pati. Salah satu warung penjual Gethuk Runting Pati adalah Pak Suri yang berada di dekat Jalan Raya Pati-Runting. 
Di sana, tersedia Gethuk Runting dan juga Lopis Runting Pati. Anda bisa memesan Gethuk Runting Pati untuk dibawa pulang, juga bisa di makan di tempat dengan ditemani kopi hitam atau teh hangat.
Yang membedakan Gethuk Runting Pati dengan gethuk yang lain adalah resep dan cara pembuatan Gethuk Runting Pati. Dengan komposisi menarik, gethuk yang bahan dasarnya singkong atau ketela ini, disajikan di atas daun pisang, menjadikan Gethuk Runting Pati semakin menarik untuk disantap. Apalagi, rasa kelapa yang dicampur dengan gula merah semakin membuat siapa saja tergoda untuk menyantap Gethuk Runting Pati.
Pokoknya, Gethuk Runting Pati menjadi salah satu referensi oleh-oleh khas Pati dan patut menjadi salah satu kekayaan kuliner khas Bumi Mina Tani. Jika Anda tergoda untuk mencoba Gethuk Runting Pati, langsung saja datang ke Runting Pati dan buktikan nikmatnya Gethuk Runting Pati, pasti Anda nambah dan nambah. Karena nikmat, pasti Gethuk Runting Pati ngangeni.
(Laporan Kuliner Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here