Semarang, Harian Jateng – Grup Bahana Swara Marching Band (BSMB), Kajen, Margoyoso, Pati memborong empat juara di Yogjakarta. Grub Bahana Swara Marching Band atau akrab disebut (BSMB) Kajen ini merupakan salah satu grup marching band yang sudah tersohor di Bumi Mina Tani. Tak heran, jika BSMB Kajen Pati ini menggondol berbagai kejuaraan di tingkat lokal maupun nasional.
Pada tanggal 16 Mei 2015 sampai 17 Mei 2015, grup BSMB Kajen Pati ini mendapat empat gelar kategori juara dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Marching Band Piala Hamengku Buwono 2015. Grup BSMB Kajen tersebut, merupakan grup marching band atau drum band yang berada di bawah nauangan Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kajen, Pati. 
Dalam Kejurnas 2015 tersebut, grup BSMB Kajen menampilkan kisah Ki Ageng Panjawi dalam pawai atau street parade di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta. Tak hanya itu, grup BSMB Kajen Pati tersebut juga menampilakn suguhan musik Get A Feeling, medley, Laskar Pelangi yang menggelorakan setting sejarah dan menyuntik cinta sejarah yang besar dari daerah asal.
Pelatih BSMB Kajen Pati, Chairul Abrar, dalam siaran pers yang diterima Senin malam (18/5/2015) malam, menjelaskan kejuaraan tersebut sangat memotivasi. “Tema ini bagi kami menjadi kerinduan banyak pihak, di mana suriteladan, patriotisme dan semangat kebangsaan melekat,” ujar dia.
Menurut Chairul, dalam penampilan BSMB Pati di Yogyakarta tersebut, dikonsep rapi dengan menampilkan sosok Ki Ageng Panjawi yang menjadi maskot utama. Kemudian, dalam rangkaian penampilan BSMB tersebut, juga didampingi Adipati Pragola yang diiring pasukannya, salah satunya adalah Wasis Jayakusuma.
Tak hanya itu, dalam Kejuaraan yang digelar di Yogyakarta tersebut, grup BSMB Pati juga menampilkan sesuatu yang unik khas Pati, yaitu batik bakaran dan blankon khas Pati Bumi Mina Tani. “Ini memang bagian dari khasanah budaya daerah kami,” jelas dia. (Red-HJ34/Ant/Foto: BSMB).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here