Tugu Monas

Ayo berwisata di Monas Jakarta. Ajakan itu wajar, sebab, dunia Jakarta tak hanya dunia politik, korupsi, penganiayaan, penipuan, banjir dan dunia kejam lain yang membosankan. Namun, di Jakarta juga banyak wisata yang membuat hati bisa sejuk dan pikiran bisa segar kembali.
Monumen Nasional (Monas) atau The National Monument Indonesian adalah bangunan populer yang menjadi landmark Indonesia. Maskot Indonesia adalah Monas atau sering juga disebut Tugu Monas. Bangunan Monas, menjadi salah satu bagian dari kisah dan filosofi kebangsaan yang tak terlupakan. Tinggi Monas adalah sekitar 132 meter (433 kaki). Saking tingginya, Tugu Monas dapat dilihat dari berbagai sudut Kota Jakarta, apalagi lokasi Monas bertempat di Jakarta Pusat.
Selama ini, banyak sekali orang mencari informasi  gambar Monas, harga tiket masuk Monas, sejarah berdirinya Monas, sejarah Monas, Tugu Monas Jakarta, berat emas Monas, alamat Monas Jakarta dan juga air mancur Monas. Mereka mencari informasi-informasi tersebut karena cinta dan ingin berwisata di Monas Indonesia.
Sejarah Monas, sudah diketahui banyak orang, baik yang ditulis di buku, majalah, koran, maupun internet. Monas adalah bangunan unik di Indonesia yang mulai dibangun pada 17 Agustus 1961. Kemudian, pada 12 Juli 1975, Monas resmi selesai dan diresmikan pada 12 Juli 1975 pula.
Monas yang beralamat atau berada di Lapangan Merdeka tersebut, merupakan bangunan yang tidak bisa dikatakan remeh. Sebab, saat pembangunan Tugu Monas, arsitekna adalah arsitek Frederich Silaban dan juga R.M. Soedarsono. Saat itu, Monas bisa berdiri karena ada kontraktor utama, yaitu P.N. Adhi Karya.
Fasilitas di Monas Jakarta
Jika Anda berwisata ke Monas, ada beberapa fasilitas menarik yang bisa Anda jadikan wisata edukasi. Hal itu meliputi Relief Sejarah Indonesia, Monumen Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan, juga Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan, Kolam Pantul Monas, juga Garuda Pancasila yang disimpan rapi di dalam Ruang Kemerdekaan Monas.
Selain itu, ada juga Patung Dewi Pertiwi di Monas, juga Peta Nusantara berlapis emas yang memukau, Diaroma Sejarah Indonesia di dalam museum di Monas, juga Naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disimpan di Ruang Kemerdekaan Monas dan sebagainya. Ada pun fasilitas lain meliputi ruang makan, pedagang kaki lima, WC umum, lahan parkir dan sebagainya. Di kawasan Monas juga ada jasa foto para tukang Ondel-ondel khas Betawi Jakarta. Di sana, mereka menawarkan foto bersama sebagai oleh-oleh khas Jakarta.
Jika Anda ke Monas, jangan pula berwisata rohani lah di Masjid Istiqlal Jakarta sebagai salah satu kekayaan Jakarta di dunia religi. Selama Anda ke Monas, Anda harus menyiapkan energi full. Sebab, lokasi di sana sangat luas, dan juga menghabiskan energi jika untuk sekadar foto-foto. Selamat berwisata di Monas DKI Jakarta.
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Adit/Harian Jateng).
Berikut foto-foto Tugu Monas yang sangat memukau dan menarik perhatian:
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here