Kondisi Pasar Johar pada Minggu (10/5/2015) kemarin.
Semarang, Harian Jateng – Terbakarnya Pasar Johar Semarang, Jawa Tengah sudah genap satu minggu, yaitu pada Sabtu (9/5/2015) lalu. Akan tetapi, penyebab kebakaran Pasar Johar Semarang karena korsleting listrik, benarkah? Sebab, masyarakat masih bertanya-tanya apa penyebab kejadian terbakarnya pasar tradisional terbesar tersebut.
Seperti diketahui, sekitar 4.719 pedagang di Pasar Johar Semarang tersebut kehilangan kios, karena terbakar lude oleh di jago merah. Pasar Johar Semrang yang didesain oleh Thomas Karsten itu terbakar dan menggegerkan Kota Semarang dan Jawa Tengah sepekan lalu.
Inspektur Jenderal Nur Ali, Kapolda Jawa Tengah, menyatakan kebakaran Pasar Johar Semarang beberap hari lalu akibat korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Menurut Nur Ali, pada Jumat (15/5/2015) kemarin, sesuai dengan pemeriksaan Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang, penyebab terbakarnya Pasar Johar Semarang adalah karena korsleting listrik.
Menurut Nur Ali, dari arus pendek itu, kemudian api menjalar ke berbagai tempat di Pasar Johar Semarang. “Akibat hubungan arus pendek, api merambat ke mana-mana,” ujar dia di Semarang. Ali juga menjelaskan, akibat banyak barang-barang yang mudah terbakar seperti baju, kain, buku dan barang lain mengakibatkan api cepat membesar dan meludeskan Pasar Johar.
Sesuai dengan hasil pemeriksaan itu, Kapolda Jateng tersebut mengatakan bahwa kebakaran di Pasar Johar tersebut bukanlah karena kesengajaan. Dari hasil Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang, menyimpulkan juga bahwa api berawal dari salah satu kios di lantai 1 Pasar Johar yang terletak di dekat Kawasan Kota Lama Semarang tersebut.
Dari hasil Lapfor Mabes Polri tersebut, akibat korsleting stop kontak yang longga, mengakibatkan percikan api yang kemudian menjadi jago merah yang meludeskan Pasar Johar Semarang. Tim Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang, sebelumnya juga telah mengamankan beberapa barang bukti yang diduga kuat menjadi penyebab terbakarnya pasar tradisional yang terkenal di Jawa Tengah tersebut. (Baca juga: Penyebab Kebakaran Pasar Johar Diduga Sengaja Dibakar).
Tak hanya motor kipas angin dan juga abu di sejumlah titik, barang bukti yang diamankan Tim Labfor Mabes Polri juga berupa KWH meter dan juga kabel-kabel bekas terbakar di Pasar Johar tersebut. Seperti diketahui, Pasar Johar Semarang tersebut terbakar yang mengakibatkan pedagang bangkrut besar dan menjadi catatan sejarah pedih di Kota Semarang. (Red-HJ45/Ant/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here