Ternak bebek petelur.
Cara gila ternak bebek petelur agar sukses dan meledak jadi kaya ini memang menantang. Sebab, selama ini yang banyak dicari dan dibahas orang di internet, buku, majalah, tabloid bisnis hanya cara sukses dan cara terbak bebek petelur dengan cepat saja. Padahal, cara ternak bebek petelur tersebut sebenarnya bisa dilakukan tanpa membaca tutorial atau petunjuk di buku bisnis, tabloid atau pun majalah bisnis, terutama yang memuat artikel bebek petelur.
Tidak heran, banyak sekali orang mencari cara ternak bebek tercepat, ternak bebek pedaging, cara ternak bebek download, ternak bebek yang baik, ternak bebek potong, pakan ternak bebek, cara ternak bebek yang baik dan juga pakan ternak bebek petelur.(Baca juga: Cara Cepat Ternak Lele Sangkuriang dalam 50 Hari Panen).
Di sisi lain, tak sedikit orang yang mencari informasi tentang harga bebek petelur terbaru 2015, pakan bebek petelur terhemat, ternak bebek petelur kering, ternak bebek yang baik, ternak bebek petelur 2015, pakan ternak bebek terbagus, ternak itik petelur dengan cepat dan sebagainya. Hal itu dicari mereka para pebisnis bebek petelur karena ingin sukses dengan cepat.
Cara gila ternak bebek petelur agar sukses dan meledak jadi kaya ini adalah cara lama rasa baru yang harus dilakukan para pebisnis bebek telur, baik di Jawa Tengah, seperti peternak telur di Kudus, peternak telur di Demak, peternak telur di Pati, peternak telur di Blora, peternak telur di Rembang, peternak telur di Jepara, peternak telur di Grobogan, peternak telur di Semarang, peternak telur di Kendal, peternak telur di Brebes, peternak telur di Pekalongan, peternak telur di Banyumas, peternak telur di Wonogiri, peternak telur di Klaten, peternak telur di Solo dan sebagainya.
Bagi Anda yang tak punya modal, pemula, dan peternak bebek petelur baru, Anda bisa melakukan cara gila sebagai berikut:
1. Beternak telur tanpa modal. Caranya adalah dengan meminjam uang di bank, atau koperasi yang menawarkan modal usaha.
2. Memilih bibit yang unggul. Anda jangan percaya dengan artikel-artikel atau calo-calo penjual bibit bebek petelur, sebelum Anda sendiri membuktikannya.
3. Membuat, mendesain, dan memilih kandang yang bagus.
4. Lokasi kandang bebek petelur harus nyaman, aman, terjangkau dari air bersih, tidak terlalu dekat dengan pabrik dan tempat bising lainnya, karena akan mengakibatkan bebek mudah stres.
5. Meskipun itik adalah unggas yang dekat dan tak bisa tanpa air, namun air juga bisa menjadi musuh mereka, terutama saat musim hujan. Maka solusinya adalah mencari lokasi yang sistem masuk-keluar airnya lancar dan tidak menyumbat.
6. Cari vaksin, obat kesehatan bagi bebek yang berkualitas, jangan beli yang murahan. Murah boleh, namun murahan dan dosisnya tak jelas harus dihindari.
7. Kebersihan adalah kunci utama kenyamanan bebek. Dengan kadang yang bersih, pertumbuhan bebek akan cepat.
8. Sistem pergantian pakan, air minum harus intensif. Anda jangan jijik dan rajin mengganti air minum jika ingin itik Anda tumbuhnya cepat dan bertelur.
9. Saat usia itik mulai dewasa dan muncul sayapnya, berikan remisan atau makanan tambahan berupa bekatul, ikan laut, atau keong yang diselep dan dihaluskan. Hal itu akan membuat itik tumbuh besar dan mendorong produksi telur.
10. Sistem penerangan, tak sekadar dengan lampu, namun juga perlu ditempatkan di lokasi panas agar merangsang pertumbuhan bebek.
11. Kalau lokasi kandang Anda dekat dengan area sawah yang baru panen, usahakan itik Anda digiring ke sana, agar bisa mandi bebas, mencari makan sisa-sisa padi dan tentu mendongkrak produksi telur.
13. Tak kalah penting, jika bebek Anda jarang keluar kandang, berilah campuran makanan seperti kangkung, tumbuhan hijau dan sebagainya. Hal itu mampu mendorong pertumbuhan dan mendongkrak telur.
Jika tips-tips dan cara-cara di atas dilakukan dengan baik, maka Anda sebagai pemuda pasti dijamin tidak gagal. Di sini, yang penting cara berpikir Anda berani dan tak peduli gagal. Sebab, orang yang takut melangkah dan tak mau berusaha, maka rezeki pasti akan menjauh. Selamat mencoba!
(Laporan Bisnis Harian Jateng/Foto: Aqief).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here