Yogyakarta, Harian Jateng – Sesuai rencana, Barongan Blora akan tampil di ASEAN Muslim Students Summit and Masterpiece of ASEAN Culture. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY). Rencananya, Barong Blora atau Barongan Blora  akan dipentaskan KAMABA Yogyakarta mewakili Jawa Tengah. Kegiatan tersebut akan bertempat di Plaza Bintang UMY pada malam puncak 19 Mei 2015 nanti.

Sebelumnya, pada hari senin 18 Mei 2015, diselenggarakan pula Seminar Internasional yang direncanakan mengundang BJ.Habiby dan Sultan Hamengkubuwono beserta beberapa Duta Besar dari ASEAN. Di lokasi Gedung Sportorium UMY, dan juga dimeriahkan beberapa agenda dengan mendirikan stand pameran budaya yang diikuti 21 provinsi dan 9 negara ASEAN.
Dari Jateng sendiri, produk yang dipamerkan meliputi batu akik Purbalingga, makanan khas DAERAH Cilacap, Banjarnegara, Klaten, dan Gamelan beserta Barong Blora. Kegiatan tersebut sangat mengangkat Barongan Blora sebagai salah satu khazanah budaya di Jateng.
Ketua IKPM Jateng Yogyakarta Dawamun Ni’am Al Fatawi mengatakan bahwa Jawa Tengah memiliki potensi budaya yang majemuk. “Pada dasarnya Jateng memiliki banyak budaya setiap daerahnya, semoga Jateng melalui kebudayaan dan produk daerah seperti makanan khas serta batu akiknya akan semakin dikenal dunia,” ujar dia.
Di sisi lain, M.Fakhrur Rifa’i Koordinator Pementasan Barong Blora menyatakan kebanggaannya atas kesempatan Barong Blora bisa pentas di agenda tingkat ASEAN. Hal itu menjadi salah satu promosi budaya Blora di kancah internasional.
“Kami turut bangga bisa membawa nama Blora untuk mewakili Jateng di tingkat ASEAN. Hal ini juga membuktikan bahwa kecintaan teman-teman KAMABA Yogyakarta terhadap daerahnya semakin tinggi, ujar dia. (Red-HJ35/Foto: Kamaba Yogyakarta).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here