Wisata Gunung Batu Putih di Jepara, Jawa Tengah ini merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Ujungwatu, Kabupaten Jepara, Jateng. Sebenarnya, gunung batu putih tersebut dijadikan barang utama pembuatan keramik yang menjadi bahan ekspor luar negeri.
Lokasi gunung batu putih tersebut, sangat dekat dengan Kabupaten Pati, yaitu berdekatan dengan Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Di dekat gunung batu putih, juga ada wisata Benteng Portugis sebagai salah satu objek wisata di Kota Ukir tersebut.
Tak hanya bagi warga Jepara dan warga Pati, keindahan gunung batu putih tersebut menyedot perhatian semua kalangan, terutama bagi wisatawan yang melintasi gunung batu putih tersebut. Seperti halnya wisatawan dari Kudus, wisatawan dari Rembang, wisatawan dari Blora, wisatawan dari Demak, wisatawan dari Semarang dan umumnya wisatawan dari Jawa Tengah.
Seperti halnya dengan wisata alam di daerah lain, wisata alam di Jepara ini juga sangat memukau. Para wisatawan bisa berfoto dengan objek gunung batu putih di belakangnya. Jadi wisata di Jepara ini tak kalah indahnya dengan wisata alam di Pati, wisata alam di Kudus, wisata alam di Demak, wisata alam di Blora, wisata alam di Rembang, wisata alam di Semarang, wisata alam di Kendal, wisata alam di Batang, wisata alam di Pekalongan dan wisata alam di seluruh wilayah Jateng.
Untuk berfoto dengan objek gunung batu putih tersebut, Anda tak perlu membayar. Gambar bisa diambil dari jarak jauh dari gunung batu putih. Sebab, di lokasi gunung batu putih, ada penambang dan aktivias mobil pengangkut batu yang sudah berjalan sejak tahun 1980an. Di lokasi yang sama dan tidak terlalu jauh dari gunung batu putih, terdapat juga gunung bakau, seperti warga setempat memberi julukan gunung di samping gunung batu putih tersebut.
Saking indahnya, tahun 2009, gunung batu putih di Jepara ini juga menjadi objek shoting film Lari Dari Blora yang mengangkat tema masyarakat Samin. Tak hanya di lokais gunung batu putih, film Lari Dari Blora juga mengambil lokasi shoting di wisata Benteng Portugis dan juga mengambil objek Pulau Mandalika yang dekat dengan lokasi Benteng Portugis tersebut.
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: HI/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here