Temanggung, Harianjateng.com –  KKN UIN Walisongo Semarang dan LSM NASA jalin kerjasama dalam bentuk kegiatan menarik. Kerjasama tersebut berhasil menelurkan kegiatan membuat pupuk organik oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang yang bekerjasama dengan LSM NASA.  (Baca juga: Warga Temanggung Dilatih Membuat Pupuk Organik).
Tak lama ini, Tim Kuliah Kerja Nyata ke-64 Universitas Islam Negeri Semarang Posko 29 di Desa Gandurejo, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nasionalis Anak Bangsa (NASA). Kerjasama tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat di Kabupaten Temanggung.
Mereka menggelar kerjasama dalam bentuk pelatihan membuat pupuk. Dalam pelatihan tersebut diikuti oleh 15 petani yang tergabung dalam kelompok tani Sumber Makmur dan kelompok wanita tani Puspa Dusun Bebengan Desa Gandurejo. Mereka datang di aula dusun dengan membawa buku catatan dan pena seperti anak sekolah.
KKN UIN Walisongo Semarang ke 45 tahun 2015 ini merupakan bentuk pengabdian dari kampus yang tahun ini ditempatkan di Kabupaten Temanggung. Banyak agenda mahasiswa KKN yang bersinggungan dengan problematika masyarakat, salah satunya adalah masalah pupuk. Dengan dorongan tersebut, Tim KKN UIN Walisongo di Posko 29 menggandeng LSM NASA untuk menggelar kegiatan sosial yang bermanfaat bagi warga setempat.
Dengan adanya kegiatan pelatihan membuat pupuk organik yang terlaksana atas kerjasama Tim KKN UIN Walisongo dan LSM NASA tersebut mendapat apresiasi dari berbagai elemen. Kepada Dusun Bebengan Desa Gandurejo Muhammad Syaifuddin juga menyambut positif kegiatan KKN yang bekerja sama dengan LSM Nasa di dusun tempatnya mengabdi. Hal itu menjadi wujud kepedulian mahasiswa KKN UIN Walisongo terhadap masyarakat. (Red-HJ78/Foto: Hasyim/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here