Salah satu terapi bayi sungsang. Foto: Buahhati.co.id
Jika Anda hamil dan kebetulan kondisi bayi Anda sungsang, apakah sudah membaca tips atau cara mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal dengan cepat? Lalu apa pengertian bayi sungsang dan solusiya?
Bayi sungsang adalah kondisi bayi yang bisa dikatakan melenceng dari rumus medis. Sebab, kondisi sungsang adalah kepala bayi di atas dan posisi kaki di bawah. Padahal, idealnya adalah kepala di bawah dan kaki di atas. Dengan kondisi sungsang, maka akan sangat sulit bagi ibu untuk melahirkan si jabang bayi tersebut.
Sungsang secara bahasa diartikan sebagai posisi terbalik. Artinya, posisi bayi yang di atas menjadi di bawah, yang di depan menjadi di belakang, kepala di bawah kaki di atas, dan sebagainya. Dalam ilmu medis, posisi sungsang bisa diteksi saat usia kehamilan 4-5 bulan melalui USG. Biasanya, para ibu hamil memeriksakan kondisi janinnya di dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau ke bidan biasa.
Namun kebanyakan, jika sudah diketahui kondisi bayi tersebut sungsang, biasanya sang calon ibu lebih intens periksa ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Kondisi sungsang, biasanya menjadikan ibu hamil stres yang berlebihan. Padahal saat hamil, semua ibu hamil dilarang keras capek fisik, capek pikiran atau stres.
Cara mengembalikan bayi sungsang bisa dilakukan dengan berbagai pendekatan. dr. Jenny Jusuf, SpOG, MSi, Med (2015) seorang dokter dan pakar kandungan dan kebidanan menjelaskan kondisi sungsang itu salah satu penyebabnya adalah karena air ketuban sedikit, sehingga bayi di dalam perut susah berputar.
Cara mengatasi bayi sungsang dengan cepat menurut dokter Jenny adalah dengan minum air putih yang banyak. Disarankan, dengan air minum air putih lebih dari 20 liter per hari, maka kemungkinan besar akan bisa membuat bayi berputar. Dokter Jenny menyarankan, jangan memaksakan bayi untuk berputar, kalau sang ibu sendiri tidak berusaha maksimal untuk mengembalikan posisi bayi dengan minum air sebanyaknya.
Masalah kebelet pipis dengan intensitas tinggi tidak masalah. Sebab, mengapa orang hamil pipis terus itu sudah menjadi hukum alam. Disarankan, minum air kelapa yang muda dan segar juga baik untuk kondisi bayi dan bisa bermanfaat membuat bayi bersih saat persalinan nanti.
Cara mengembalikan bayi sungsang ke normal dengan cepatyang kedua adalah dengan cara sujud selama 17 menit. Satu hari, disarankan minimal sampai 15 kali bahkan 20 kali. Bagi ibu hamil yang beragama Islam, bisa saat salat, namun bagi yang non Islam bisa dilakukan kapan saja asal posisi sujudnya sesuai dan baik.
Sujud dalam konteks ini tidak asal sujud. Perlu trik dan cara sehat agar sujud yang dilakukan berkualitas. Cara sujud untuk mengembalikan bayi sungsang ke normal adalah dengan sedikit menggoyangkan perut ke kanan dan ke kiri, maju dan mundur. Jadi dengan gerakan dan sugesti seperti itu, posisi bayi lambat-laun akan kembali ke posisi normal asal dilakukan dengan teratur, intens dan terjadwal serta konsisten.
Sujud seperti itu juga bermanfaat bagi kondisi fisik sang ibu. Sebab, secara bersamaan, sang ibu juga berolahraga dan bisa menyehatkan badan. Apalagi di tambah air putih yang banyak sehingga memberi spirit baru bayi sang ibu maupun si jabang bayi di dalam perut.
Cara mengembalikan posisi bayi sungsang menuju normal ketiga adalah dengan intens melakukan senam yang dibina bidan dan ada instruktur senamnya. Dengan cara senam ibu hamil yang rutin, akan menjaga kondisi kesehatan janin dan ibu. Anda juga bisa melihat video senam hamil dan melihat gerakan-gerakan senam hamil untuk mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal.
Cara mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal keempat adalah dengan memijatnya. Namun semua dokter spesialis kandungan, melarang keras untuk memijat perut ibu hamil. Akan tetapi, cara ini sudah dilakukan orang-orang terdahulu khususnya orang Jawa dengan cara memijat pelan sang bayi. Cara ini tentu membawa risiko besar, namun biasanya dilakukan para ahli dan dukun pijat yang khusus dan tidak sembarangan.
Selain cara-cara alami di atas, sebenarnya cara mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal adalah dengan cara mengajak sang bayi berkomunikasi. Banyak orang tidak tahu, bahwa bayi di dalam perut sangat sensitif mendengar suara dari luar. Bayi dalam perut sangat peka dan bisa diajak berkomunikasi dari luar.
Artinya, bapak dan ibu hamil bisa mengajak berkomunikasi pada sang jabang bayi untuk berputar. Hal ini sebenarnya juga menjadi terapi dan salah satu cara mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi normal. Namun perlu digaribawahi, bahwa penyebab bayi sungsang itu bermacam-macam, bisa karena air ketuban sedikit, perut sang ibu kecil atau bisa karena faktor keturunan.
Oleh karena itu, jika perut sang ibu kecil, maka perlu melakukan cara mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal yang kelima, yaitu dengan cara sang ibu harus bernafas dan membesarkan perut. Maksudnya, pada saat-saat tertentu, sambil mengelus-elus perut, san ibu membesarkan perut dengan cara menarik nafas dan memasukkan udara ke dalam perut dan mengelus-elus perut dan menyuruhnya untuk kembali ke posisi normal.
Cara seperti ini memang tidak dianjurkan oleh medis, namun banyak dukun kampung menyarakankan agar cara seperti ini dilakukan untuk mengembalikan bayi sungsang ke posisi normal. Sebab, bayi sungsang sangat berpotensi lahir dengan cara dioperasi atau secar. Apakah Anda ingin bayi yang di dalam perutmu dioperasi? Tentu tidak bukan.
Sebab, banyak potensi kematian gangguan ketika lahir operasi. Seperti perut akan mudah sakit, jahitan sobek, bahkan rentan bayi terkena gunting saat dioperasi. Dampak buruk bayi lahir dioperasi harus dihindari dengan cara ya lahir dengan normal.
Akan tetapi, banyak sekali bayi sungsang yang lahir normal. Hal itu sudah menjadi catata di berbagai rumah sakit. Jadi bagi Anda yang saat ini hamil atau bagi bapak-bapak yang memiliki istri yang bayinya sungsang, tak perlu kuatir. Banyak potensi bayi sungsang lahir normal meskipun yang lahir bokong atau kaki bayi duluan dan si ibu hamil dijahit dobel bahkan bisa mencapai 17 jahitan bahkan lebih.
Namun bayi sungsang yang lahir normal itu banyak keunikan, bahkan mitosnya, bayi sungsang yang lahir normal adalah sakti. (Baca juga: Mitos Bayi Sungsang yang Lahir Normal Akan Sakti). Bagi Anda saat ini yang hamil dan kebetulan posisi bayi Anda sungsang, jangan galau, apalagi stres berkepanjangan. Namun Anda harus berusaha kuat, minum air putih sebanyaknya, banyak sujud yang sehat, ikuti petunjuk dokter dan yang tak kalah penting adalah ikut senam hamil.
Serahkan pada Tuhan, namun yang paling penting adalah usaha yang intens dan konsisten. Sebab, kata orang Jawa, kalau bayi sudah mau lahir, pasti mencari jalannya sendiri.
(Laporan Kesehatan Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here