Para perantau asal Blora di Hongkong.

Hongkong, Harianjateng.com – Perayaan Hari Kartini tahun 2015 ternyata tak hanya diperingati di dalam negeri saja, namun banyak sekali para perantau dari Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang merantau di Hongkong. Eksistensi Kopra dan komunitas perantau lain sebenarnya banyak dijumpai di luar negeri. Juga banyak sekali komunitas perantau Blora di Jakarta, Semarang, luar Jawa dan sebagainya.
Perantau yang rata-rata didominasi kaum perempuan tersebut terhimpun dalam Komunitas Perantau Blora (Kopra) Hongkong yang merayakan Hari Kartini 2015, Selasa (21/4/2015). Mereka berdandan layaknya perempuan yang mengingatkan pada budaya Indonesia, khususnya Jawa.
Suparni Sekretaris Komunitas Perantau Blora (Kopra) di Hongkong mengatakan kegiatan tersebut selain dalam rangka Hari Kartini 2015 juga agenda arisan bulanan, kumpul-kumpul sedulur Blora dan makan-makan bersama dalam nuansa kebersamaan para sedulur Blora. Perempuan yang akrab disapa Farhani Blora ini menyatakan, lokasi pertemuan para perantau Blora tersebut berada di Meifoo Park. 
“Ini adalah taman tempat berlibur TKW Indonesia,” ujar dia.
Untuk meneladani Kartini, menurut Farhani cukup dengan bekerja keras sebisanya. “Perempuan sudah saatnya bangkit dari kemalasan, bekerja di mana saja tak masalah, asal halal dan diniati ibadah,” terangnya.
Sebab, lanjut dia, selama ini banyak sekali perempuan-perempuan yang hanya mengandalkan nasib tanpa bergerak dan bekerja. “Saya kira itu sudah menjadi spirit Kartini,” jelas perempuan asli Blora tersebut. (Red-Harian Jateng 34/Foto: Kopra Hongkong).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here